Tanda tanda kehamilan

Tanda-Tanda Kehamilan Yang Sering Dialami Dan Jarang Disadari

Kehamilan adalah berita yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan pengantin baru atau pasangan yang telah lama mendambakannya. Kehamilan tersebut tentunya akan membawa tanda-tanda kehamilan yang disadari hingga yang tidak disadari.

Umumnya setiap wanita harus mengetahui tanda-tanda kehamilan dan gejalanya. Karena tidak sedikit wanita mengalami tanda-tanda yang tidak disadari. Padahal jika kehamilan dapat dideteksi sejak dini akan membantu meningkatkan keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini tanda kehamilan yang sering muncul

Terdapat beberapa ciri kehamilan yang sering muncul sebagai perubahan pada tahap awal kehamilan. Berikut ini tanda-tanda trimester pertama pada kehamilan antara lain:

  1. Terlambat haid

Haid adalah tanda-tanda awal yang paling mudah diamati saat mengira sedang hamil. Setelah berhubungan seks, namun tidak kunjung mengalami haid 5 hari hingga seminggu lebih setelahnya dari tanggal yang seharusnya mendapatkan haid, maka hal tersebut adalah tanda telah berlangsungnya pembuahan untuk menjadi bakal janin. Akan tetapi yang perlu dipahami adalah terlambat haid juga dipengaruhi dan disebabkan banyak hal lain seperti stress dan pola makan yang berubah.

  1. Keluar bercak dari vagina

Bercak darah yang keluar dari vagina sebagai pertanda kehamilan berbeda dengan bercak darah saat haid. Bercak darah saat hamil adalah perdarahan implantasi atau flek saja. Flek tersebut muncul yang disebabkan efek daro embrio yang tertanam di dinding rahim. Saat ini dinding rahim dapat terkikis sehingga mengeluarkan bercak darah. Namun tidak perlu khawatir karena bercak darah yang dikeluarkan hanya satu sampai dua tetes saja dengan warna kemerahan atau kecokelatan. Sedangkan flek ini juga bisa datang kapan saja dalam 14 hari pertama pembuahan.

  1. Perubahan payudara

Perubahan payudara adalah pertanda kehamilan yang paling sering dirasakan oleh wanita. Dalam minggu pertama, wanita akan merasakan payudara nya menjadi tampak lebih besar, padat, berat, dan lebih keras daripada biasanya. Tidak sedikit juga wanita yang merasa payudara lebih sensitif, nyeri, dan menyesakkan. Selain itu juga akan muncul garis-garis urat pada puting susu. Tanda perubahan payudara saat mengalami kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon.

  1. Kram perut

Kram perut pada kehamilan trimester pertama disebabkan oleh proses implantasi embrio. Namun sering kali tanda kehamilan perut sulit dibedakan dengan gejala datangnya menstruasi. Sehingga untuk membedakannya dapat diperhatikan dari intensitas dan lokasi sakitnya. Kram perut pada kehamilan biasanya tidak akan terlalu sakit, akan terasa seperti dicubit dan tidak berlangsung lama. Lokasinya juga terpusat di satu titik saja. Sedangkan jika gejalanya kram perut ini berlangsung lama dan sakit secara menyeluruh maka dapat dipastikan sebagai gejala menstruasi bukan kehamilan.

  1. Mudah lelah

Ciri-ciri kehamilan selanjutnya adalah tubuh terasa mudah lemah padahal tidak melakukan kegiatan atau aktivitas yang banyak dan berat. Bahkan tidak sedikit ibu hamil yang mengalami kelelahan hebat yang luar biasa meski kehamilannya baru berusia satu minggu saja. Namun tidak perlu khawatir, karena ciri tersebut adalah hal yang normal dan biasa terjadi. Bahkan hal ini dapat terus terjadi hingga melahirkan. Hal ini disebabkan karena saat kehamilan hormon progesteron akan meningkat secara drastis dan mempengaruhi metabolisme tubuh. Selain itu sistem imun wanita hamil juga akan melemah.

Tanda kehamilan yang tidak umum dan tidak terduga

Tanda tanda kehamilan

Selain ciri-ciri kehamilan yang mudah diketahui di atas. Pada awal kehamilan biasanya juga disertai tanda-tanda yang tidak umum dan kurang diketahui banyak orang. Berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan yang jarang terjadi antara lain:

  1. Mood swing

Mood swing adalah tanda kehamilan yang jarang disadari wanita. Bahkan mood wanita hamil mudah berubah-rubah, rentan, dan tidak stabil. Tanda mood swing ini disebabkan perubahan hormon sehingga menimbulkan rasa gelisah dan juga mudah marah. Namun terkadang juga bisa ceria dan tidak lama akan menangis hingga tersedu-sedu. Mood swing biasanya akan dialami oleh wanita yang mengalami kehamilannya yang pertama.

  1. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga menjadi tanda yang kurang disadari oleh wanita hamil. Padahal tanda ini dapat dikatakan hal yang biasa terjadi pada wanita hamil. Tanda sering buang air kecil akan terjadi pada minggu awal kehamilan hingga minggu kedelapan. Tanda ini disebabkan perubahan hormon yang membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif dan akan terasa sulit menahan untuk buang air kecil.

  1. Sembelit

Sembelit merupakan pertanda kehamilan yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron. Hal tersebut akan membuat pergerakan usus menjadi lebih lambar dari biasanya untuk menyalurkan makanan sampai pada ujung anus. Sehingga feses yang harusnya dikeluarkan menjadi lebih sulit.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala sering kali dialami oleh wanita hamil. Hal ini juga masih disebabkan oleh perubahan hormone secara tiba-tiba. Selain itu juga dapat disebabkan aliran darah yang meningkat.

  1. Mimisan dan gusi berdarah

Gusi mudah berdarah saat sikat gigi dan tiba-tiba mengalami mimisan pada hidung merupakan pertanda kehamilan yang sering kali tidak disadari. Hal ini disebabkan karena pada trisemester awal jantung akan bekerja dengan lebih keras sehingga meningkatkan jumlah dan volume darah. Selain itu hal ini juga dapat disebabkan karena perubahan hormon pada ibu hamil.

Setiap wanita akan mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda-beda

Tanda-tanda kehamilan dari yang sering disadari hingga yang tidak umum sudah dijelaskan. Namun tidak semua hamil akan mengalami dan menunjukkan ciri-ciri hamil yang sama. seperti wanita hamil yang mengalami muat atau sakit kepala, bisa saja tidak merasakan kram pada perutnya. Bahkan wanita yang sudah merasakan hamil berkali-kali saja juga masih mengalami tanda-tanda hamil yang berbeda-beda.

Tanda-tanda hamil yang berbeda pada setiap wanita disebabkan karena tubuh setiap wanita pastinya tidak sama dan berbeda-beda. Sehingga reaksi yang akan ditimbulkan juga akan berbeda-beda.

Penyebab atau ciri-ciri kehamilan dan haid yang mirip

Seperti yang dijelaskan di atas terdapat beberapa tanda kehamilan yang mirip dengan akan datangnya haid. Tanda kehamilan dan haid memang akan mirip dikarenakan keduanya dimulai dengan proses ovulasi. Proses ovulasi sendiri merupakan periode ovarium atau indung telur melepaskan sel telur untuk dibuahi oleh sperma. Masa ovulasi merupakan masa subur yang dialami oleh wanita dewasa dan sehat setiap bulan. Waktunya berlangsung sekitar 12 hingga 14 hari sebelum datangnya haid.

Segera tes saat mengalami tanda kehamilan

Mengenali pertanda kehamilan saja sebenarnya tidak cukup untuk memastikan adanya kehamilan. Ditambah lagi setiap wanita yang dapat mengalami tanda kehamilan yang berbeda-beda. Bahkan tidak sedikit wanita yang tidak merasakan tanda-tanda apapun dan tidak menyadari jika dirinya sedang hamil.

Salah satu cara untuk meyakinkan kehamilan adalah menggunakan test pack. Test pack sendiri merupakan alat pendeteksi kehamilan yang mudah didapatkan di apotek atau toko obat. Test pack dapat memberikan kelarutan hingga 99%.

Tinggalkan komentar