obat-obatan

Inilah Persiapan Sebelum Minum Cytotec yang Wajib Dilakukan

Tujuan minum cytotec adalah untuk mengobati luka lambung, pasca keguguran, dan juga aborsi. Penggunaan itu menunjukkan bahwa cytotec merupakan obat keras. Jadi harus ada persiapan sebelum minum cytotec ini.

Persiapan yang harus kamu lakukan adalah konsultasi dengan dokter. Hal ini akan meminimalisir efek samping setelah minum cytotec. Simak terus ulasan artikel berikut tentang bagaimana persiapan sebelum minum obat cytotec ini.

Periksa Apakah Kamu Alergi Cytotec atau Tidak

alergi obat
pexels.com

Adanya efek samping dari penggunaan cytotec salah satunya disebabkan oleh alergi. Reaksi alergi tersebut biasanya tidak terlalu parah. Beberapa reaksi alergi tersebut berupa mual, muntah, diare, kembung, lemas, pusing, sakit perut, pendarahan vagina, dan ruam kemerahan.

Reaksi alergi serius juga bisa terjadi namun sangat jarang terjadi. Alergi serius tersebut ditunjukkan dengan beberapa gejala. Seperti gatal-gatal, pusing parah, sulit bernapas, bengkak pada wajah, lidah, dan tenggorokan.

Untuk meminimalisir efek alergi cytotec tersebut kamu harus memeriksakannya terlebih dahulu. Sehingga penggunaan cytotec bisa lebih efektif, dan tidak memperparah kondisi tubuh kamu.

Cantumkan Semua Obat-Obatan yang Sedang Kamu Konsumsi

persiapan sebelum minum cytotec
pexels.com

Ada beberapa obat-obatan yang harus kamu hindari saat treatment dengan cytotec. Obat-obatan tersebut akan bereaksi dengan cytotec dan mengakibatkan efek samping yang berbahaya. Beberapa obat-obatan yang bisa bereaksi berupa quinapril, dinoprostone topikal, magaldrate, magnesium oksida, magnesium hidroksida, dan magnesium karbonat.

Dengan mencantumkan semua obat-obatan tersebut dokter akan memberikan resep cytotec yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Bisa jadi ada beberapa obat yang tidak boleh kamu konsumsi, atau juga sebaliknya. Sehingga kamu tetap aman ketika sedang menjalani treatment ketika minum cytotec.

Periksa Riwayat Medis Kamu Secara Lengkap

medis
pexels.com

Riwayat medis kamu akan menentukan apakah kamu boleh atau tidak untuk mengkonsumsi cytotec. Karena ketika kamu mempunyai riwayat sakit tertentu, akan memberikan efek negatif pada penggunaan cytotec.

Seperti ketika kamu mempunyai riwayat radang usus atau gangguan pencernaan kronis lainnya. Cytotec malah akan memperparah radang pada usus tersebut. Bisa terjadi infeksi yang lebih parah karena usus sudah tidak mempunyai daya tahan ketika bereaksi dengan cytotec.

Bagi kamu yang mempunyai tekanan darah rendah juga sangat berbahaya ketika akan minum cytotec. Karena salah satu efek samping dari cytotec ini adalah adanya pendarahan. Potensi kehilangan darah yang besar tentunya malah akan mengancam jiwa kamu.

Riwayat sakit lainnya yang juga sangat berbahaya adalah ketika kamu pernah punya sakit hati dan ginjal, jantung, dan yang terakhir adalah gangguan perdarahan. Semua riwayat medis tersebut sangat dilarang untuk penggunaan cytotec.

Konsultasi ke Dokter Jika Kamu Sedang Hamil atau Menyusui

hamil
pexels.com

Cytotec mempunyai efek embrio toksisitas. Artinya penggunaan cytotec sangat berbahaya bagi perkembangan janin. Efek ini pula alasan kenapa cytotec merupakan obat keras yang juga bisa untuk aborsi.

Bagi kamu yang ingin tetap mempertahankan kehamilan, jangan minum obat ini. Ketika kamu mengkonsumsinya bisa terjadi keguguran, kelahiran prematur, kerusakan rahim, dan berbagai hal lainnya yang berakibat pada efek negatif kehamilan kamu.

Begitu juga ketika kamu sedang menyusui. Efek obat cytotec ini bisa masuk ke dalam air susu dan membahayakan bayi. Sekecil apapun dosis yang masuk ke tubuh bayi mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Konsultasi dengan dokter dalam penggunaan obat cytotec ini wajib dilakukan. Mulai dari rekam medis, penggunaan obat-obatan harus dibaca secara detail. Semua itu untuk menghindari resiko yang fatal.

Itulah persiapan sebelum minum cytotec agar kamu terhindar dari efek samping yang berbahaya. Tidak semua obat-obatan bisa dipaksakan. Lebih baik berkonsultasi pada dokter untuk menemukan solusi terbaik dalam setiap perawatan kesehatan.

Tinggalkan komentar