Penyebab Keguguran

Ketahui Penyebab Keguguran Sejak Dini

Kehamilan memang menjadi salah satu momen yang sangat di tunggu bagi semua pasangan yang sudah menikah. Dengan kehamilan buah hati pernikahan ini akan membuat keadaan keluarga menjadi lebih harmonis. Namun tidak jarang sekali banyak wanita yang tidak bisa menjaga kandunganya alias mereka mengalami keguguran. Jika sudah begitu, tentu saja akan menjadikan trauma tersendiri bagi wanita.

Pada dasarnya, penyebab keguguran bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor baik dari faktor luar maupun dalam.  Agar terhindar dari yang namanya keguguran, ada baiknya ya mengetahui mengenai apa saja sih penyebab dari keguguran sejak dini. Yuk langsung saja di simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Terjadinya Keguguran

Penyebab Keguguran
Penyebab Keguguran

Siapa saja tentunya tidak mau mengalami yang namanya keguguran, bukan? Masa rawan terhadap keguguran ini biasanya terjadi pada Tri semester pertama kehamilan. Jadi, sangat dianjurkan sekali bagi para calon ibu untuk benar-benar menjaga kandungannya pada masa-masa ini. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran yaitu sebagai berikut ini

  1. Pikiran Stress

Stress menjadi salah satu faktor pemicu yang menyebabkan keguguran. Mengalami stress pada saat masa kehamilan dapat menyebabkan ketidak seimbangan secara hormon yang mana akan membuat kondisi janin menjadi lemah. Kadang-kadang stress ini juga muncul karena kelelahan dalam beraktivitas yang mana bisa mengganggu rutinitas pekerjaan. Jika anda kelelahan bisa membuat kondisi pembuluh darah jadi mengecil. Oksigen serta darah yang disuplai ke janin juga akan terganggu sehingga menurunkan imunitas dan virus akan dengan mudah masuk. Agar terhindar dari stress, anda harus melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Istirahat minimal 8 jam  setiap Hari
  • Tidak terlalu stress memikirkan sesuatu
  • Belajar mengelola stress
  • Jika ada masalah, terbukalah dan berceritalah
  1. Lingkungan yang Tidak Sehat

Pada dasarnya, lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab terbesar keguguran. Apalagi jika lingkungan sekitar anda sama sekali tidak sehat atau tidak mendukung kehamilan. Lingkungan terkadang tidak bisa dikendalikan. Pasti saja aja yang tidak mendukung. Pada saat mengandung, ada baiknya menghindari dari polusi termasuk salah satunya adalah asap rokok. Dengan begitu, kondisi janin akan bisa tetap selalu terjaga dan juga sehat.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Pada masa kehamilan harus selalu menerapkan gaya hidup sehat ya. Bedakan gaya hidup yang biasanya di jalani pada saat tidak sedang hamil. Perbanyak olahraga ringan khusus untuk wanita hamil dan jangan lupa selalu konsumsi makanan sehat. Ingat ada janin yang perlu banyak asupan makanan bergizi. Jangan sampai anda merokok, konsumsI kopi atau konsumsi alkohol karena bisa merusak pembuluh darah yang  bisa menyebabkan keguguran.

  1. Faktor Usia

Pada dasarnyata, frekuensi terjadinya keguguran saat ini meningkat pada ibu hamil dengan usia tua. Dengan kata lain, wanita yang hamil pada usia tua sangat rentan terhadap keguguran. Hal ini karena pada usia tua, kondisi fisik jelas menurun seiring berjalannya waktu. Selain itu, kelainan pada kromosom juga pada saat usia tua juga bisa mempengaruhi kehamilan.  Jadi, tidak baik juga menunda-nunda kehamilan.

  1. Infeksi

Infeksi menjadi faktor penyebab keguguran juga. Infeksi ini biasanya menyerang pada alat reproduksi sehingga bisa mengganggu kesehatan janin.  Perlu anda ketahui bahwa kelainan atau Infeksi pada kehamilan disebabkan karena rubella atau toksoplasma. Oleh karena itu ada baiknya rutin memeriksakan diri ke dokter.

  1. Pernah Memiliki Riwayat Keguguran

Bagi anda yang pernah memiliki riwayat keguguran biasanya akan mudah berisiko terkena keguguran juga. Mengapa? Hal ini karena penyebab keguguran bisa dikarenakan karena faktor keturunan juga. Namun tidak semua mengalaminya loh. Ada juga orang yang pernah mengalami keguguran namun bisa hamil kembali. Jadi sekali hamil harus berhati-hati ya.

  1. Kandungan yang Lemah

Pada dasarnya, setiap wanita mempunyai tipe kekuatan rahim yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai rahim yang kuat dan ada juga yang mempunyai rahim yang lemah. Penyebab keguguran sendiri dikarenakan posisinya rahim yang lemah. Dikatakan sebagai rahim yang lemah apabila rahim tidak mampu menopang janin. Oleh karena itu, biasanya wanita akan diberikan penguat rahim ketika memeriksakan diri ke dokter.

  1. Adanya Kista atau Miom

Kista dan Miom adalah salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang kaum wanita. Tidak peduli umur, kista dan Miom bisa menyerang siapa saja. Ada banyak wanita baik tua maupun muda mengalami masalah ini. Miom atau kista merupakan benjolan yang tumbuh pada rahim yang mana bisa menghambat proses kehamilan dan juga bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan melakukan operasi pengangkatan kista atau miom dan selalu menjaga kesehatan tubuh ya..

  1. Pengaruh Obat-Obatan

Obat merupakan bahan kimia yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun jika anda terlalu banyak konsumsi obat terutama obat yang bukan dari respons dokter bisa menyebabkan keguguran loh. Jadi sangat penting sekali pada saat hamil  mengurangi yang namanya konsumsi obat-obatan bebas. .

  1. Adanya Racun

Racun memang bisa menjadi faktor penyebab keguguran. Racun ini bisa berasal dari berbagai macam dimana salah satunya adalah racun yang berasal dari lingkungan. Beberapa Bahan kimia Misalnya formaldehid, benzene, dan Etilen Oksida dalam dosis besar bisa menyebabkan radiasi atau gas anestesi yang berbahaya.

  1. Faktor Parental

Kondisi orang tua yang juga memiliki kontribusi terhadap risiko terjadinya keguguran. Pada sebuah penelitian sedang mempelajari sejauh mana sperma bisa rusak oleh racun karena kondisi sekitar namun masih memiliki kemungkinan untuk bisa membuahj sel sperma. Beberapa penelitian juga sudah menemukan risiko yang besar mengalami keguguran ketika sang calon ayah terkena merkuri, timbal, dan bahan -bahan kimia.

  1. Obesitas

Wanita yang mengalami obesitas akan cenderung mudah mengalami keguguran atau mengalami masalah.  Ketika wanita mengalami obesitas bisa menyebaban rahim tertumpuk banyak leak dan menyebabkan munculnya berbagai macam masalah pada reproduksi. Selain itu, hampir sebagian besar wanita yang terserang Obesitas akan mengalami siklusnya menstruasi yang tidak lancar.

  1. Prosedur Diagnostik

Prosedur diagnostik memiliki kemungkinan kecil terhadap risiko terjadinya keguguran. Namun masih ada sedikit risiko bisa mengalami keguguran juga dan menyebabkan kelainan pada janin juga.

  1. Kehamilan yang Terlalu Cepat

Ada beberapa wanita yang mengalami masa kehamilan yang terlalu cepat. Misalnya saja, ada wanita yang hamil setelah dalam kurun waktu tiga bulan setelah melahirkan. Kemungkinan untuk keguguran sangat besar karena seharusnya rahim perlu istirahat setelah melahirkan. Hal ini adalah untuk melenturkan kembali otot-otot di rahim.

Nah, itu tadi beberapa penyebab keguguran  yang bisa anda cermati. Yuk, jaga selalu kandungan anda dan selalu terapkan pola hidup yang sehat supaya ibu dan anak tetap sehat.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih sudah mampir di website kami hargacytotec.com

Tinggalkan komentar