Penyebab haid tidak teratur

7 Masalah dan Penyebab Haid Tidak Teratur

7 Masalah dan Penyebab Haid Tidak Teratur

Pernah mengalami siklus haid yang tidak teratur? Sebenarnya apa sih penyebab haid tidak teratur? Apakah siklus haid yang tidak teratur ini dapat dikategorikan sebagai sebuah sakit yang berbahaya? Siklus haid yang tidak teratur memang merupakan sesuatu yang tidak normal terjadi di dalam tubuh kita. Khususnya yang berkaitan dengan kesehatan sistem reproduksi pada wanita.

Namun, sebenarnya apa saja sih penyebab haid tidak teratur? Mengapa hal-hal tersebut bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur? Penasaran? Yuk, pelajari penyebab-penyebab dari siklus haid yang tidak teratur, supaya bisa mengatasinya.

Pubertas

Salah satu penyebab siklus haid menjadi tidak teratur adalah ketika masih dalam masa pubertas. Pubertas adalah masa awal dimana kamu mulai mengalami menstruasi. Sehingga bukan yang hal yang aneh, bila hormon seks yang ada di dalam tubuh kamu belum seimbang. Tidak seimbangnya hormon inilah yang menjadi alasan siklus haid menjadi tidak teratur. Selain itu, hal yang perlu kamu ketahui adalah tidak seimbangnya hormon terjadi karena jalan hormonal dari otak menuju ke indung telur belum sepenuhnya matang.

Gangguan Tiroid

Tiroid atau yang lebih dikenal dengan nama kelenjar tiroid merupakan kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh manusia. Kelenjar ini menjadi salah satu bagian dari tubuh terpenting dalam tubuh. Sebab kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme tubuh.

Tak hanya itu. Kelenjar tiroid juga mengatur sensitivitas hormon lain dalam tubuh. Sehingga wajar, bila terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka hormon estrogen dan progesteron pun mengalami gangguan. Sedangkan seperti yang kamu ketahui bahwa bila terjadi perubahan pada hormon estrogen dan progesteron dapat mengganggu siklus menstruasi.

Oleh karenanya, bukan hal yang aneh bila kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik maka secara otomatis siklus haid pun menjadi tidak teratur. Baik itu ketika kamu terkena hipotiroidisme atau yang terkenal dengan nama kekurangan tiroid maupun ketika kamu mengalami hipertiroidisme atau kelebihan tiroid. Sebab baik kekurangan maupun kelebihan tiroid sangat mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh dan menjadi penyebab haid tidak teratur.

Cara Diet yang Salah

Bagi seorang wanita berat badan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Sehingga bukan hal yang aneh bila ada banyak wanita yang memilih melakukan diet agar mendapatkan berat badan yang seimbang. Namun, tahukah kamu? Bahwa cara diet yang salah ternyata dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Hal ini dikarenakan pola makan menjadi salah satu yang mempengaruhi lancar tidaknya siklus haid. Padahal pembatasan makan yang dilakukan ketika kamu sedang diet, tentu akan mempengaruhi pola makan. Sehingga secara tak langsung diet pun akan mempengaruhi siklus dari menstruasi.

Oleh karenanya, bila kamu memang ingin diet jangan sampai kamu salah dalam memilih jenis diet yang cocok. Sebisa mungkin jangan memilih diet rendah nutrisi dan antioksidan. Sebab diet ini memiliki pengaruh yang besar dalam memperpanjang siklus menstruasi. Akibat dari kurangnya nutrisi serta antioksidan yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain itu diet sembarangan ternyata juga dapat melepaskan korsitol yang berfungsi untuk melemahkan hormon-hormon seks. Hormon-hormon  korsitol yang lepas inilah salah satu penyebab haid menjadi tidak teratur. Namun bila kamu memang masih ingin berdiet dan tidak ingin mengganggu siklus menstruasi maka kamu bisa melakukan diet yang seimbang. Serta jangan lupa masukkan makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi serta protein yang cukup tinggi. Sehingga siklus haid pun tidak akan terganggu.

Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab haid tidak teratur

Pernahkah kamu mendengar tentang sindrom ovarium polikistik? Yups, tepat sekali. Sindrom ovarium polikistik atau yang dikenal dengan nama polycystic ovarian sindrome atau PCOS adalah sebuah kelainan yang terjadi pada sistem metabolisme tubuh manusia.

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS ini, tak hanya mengganggu sistem metabolisme saja. Sindrome ini juga mengganggu pembuatan indung telur. Hal ini, secara tak langsung membuat sindrome ovarium polikistik juga membuat siklus haid menjadi tidak teratur.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti Apa yang menyebabkan terjadinya sindrom ovarium polikistik ini. Namun, yang jelas berhati-hati dan jaga kesehatan tubuh. Jangan sampai kamu pun mengalami sindrom ini. Sebab sindrom yang juga dikenal dengan nama sindrom metabolik ini, juga akan membuat kamu kesulitan saat program hamil dikemudian hari.

Latihan Berat Intensif

Percayakah kamu bahwa latihan berat secara intensif ternyata bisa membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Hal ini dikarenakan umumnya ketika kamu melakukan banyak latihan berat secara berlebih akan membuat tekanan yang berlebih pula kepada kelenjar adrenal dan pituitari. Tekanan yang terlampau besar ini akan memicu munculnya hormon korsitol. Gimana hormon ini akan memicu dan meningkatkan stres serta membuat hormon menjadi tidak seimbang. Jadi bukan suatu hal yang aneh, bila latihan berat secara berlebih dan intensif mampu membuat siklus menstruasi menjadi cukup terganggu.

Alergi Terhadap Makanan

Tak hanya diet maupun gangguan metabolisme saja yang membuat siklus menstruasi menjadi terganggu. Ternyata ada alasan atau penyebab haid tidak teratur yang berasal dari konsumsi makanan juga. Alasan yang dimaksud adalah bila kamu mengalami alergi makanan atau menderita penyakit celiac.

Celiac adalah penyakit yang berhubungan dengan auto imun. Umumnya penderita celiac juga adalah orang yang alergi terhadap makanan khususnya makanan yang mengandung gluten. Sebab dengan mengonsumsi gluten ataupun bahan makanan yang mengandung gluten, penderita celiac atau orang yang alergi makanan secara tak langsung telah berkontribusi dalam perusakan usus halus miliknya.

Ketika usus halus mengalami kerusakan maka secara otomatis penyerapan nutrisi dari bahan makanan akan menjadi terganggu. Terganggunya proses penyerapan nutrisi oleh usus halus ini akan menyebabkan malabsorpsi. Malabsorpsi inilah yang akan membuat siklus haid menjadi tidak teratur atau terganggu.

Tingkat Stres yang Sangat Tinggi

Salah satu hal yang mungkin tidak akan kamu duga, namun menjadi salah satu penyebab siklus haid tidak teratur adalah stres. Tahukah kamu? Bahwa stres ternyata dapat mencegah tubuh untuk melakukan proses ovulasi. Dengan tidak adanya ovulasi secara otomatis periode haid pun tidak berjalan dengan teratur. Hal ini tentu akan mengakibatkan siklus haid menjadi lebih lama daripada seharusnya.

Tak hanya itu stres juga mengeluarkan hormon korsitol ( hormon stres ) yang dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Khususnya mengganggu hormon seks. Hormon-hormon seks yang dimaksud di sini, terdiri dari hormon estrogen, hormon folikel atau yang lebih terkenal dengan nama FSH dan hormon luteinizing atau yang lebih populer dengan nama hormon LH. Ketika hormon seks tersebut akan mengalami penurunan sehingga mencegah terjadinya pembentukan lapisan pada rahim.

Padahal jika rahim tidak membentuk lapisan pelindung maka dapat disimpulkan bahwa proses ovulasi tidak terjadi. Sehingga siklus haid pun juga terganggu. Inilah yang menyebabkan mengapa apa stres dapat mengganggu siklus haid. Namun umumnya hanya tingkat stres yang tinggi saja yang menjadi penyebab haid tidak teratur.

Tinggalkan komentar