Pantangan Ibu Hamil

Pantangan Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui Selama Masa Kehamilan

Kehamilan merupakan sesuatu yang selalu dinanti oleh setiap keluarga terutama oleh keluarga muda karena tentunya memiliki keturunan adalah salah satu tujuan mereka ketika mereka memutuskan untuk membangun sebuah keluar, namun banyak hal mengenai Pantangan ibu hamil yang harus diketahui oleh setiap ibu hamil agar selama masa kehamilan dapat berjalan lancar sampai tiba waktunya persalinan.

Beberapa ibu hamil mendapatkan informasi yang memadai baik dari orang-orang yang ahli di bidang kesehatan seperti dokter ataupun bidan, namun beberapa ibu hamil mungkin mendapatkan informasi yang salah mengenai hal-hal yang pantang untuk dilakukan ketika masa kehamilan. Beberapa hal berikut ini akan sangat membantu setiap ibu hamil untuk bisa mendapatkan informasi yang tepat dan memadai.

Makan Ikan Yang Mengandung Merkuri

Ada banyak makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil pada masa kehamilan karena beberapa makanan dapat mengakibatkan efek yang kurang baik bagi janin Anda. Salah satu makanan yang pantang untuk Anda konsumsi adalah ikan yang mengandung merkuri. Beberapa ikan yang mengandung merkuri adalah ikan yang berasal dari laut seperti ikan todak, ikan mackerel, tilefish dan beberapa ikan laut lainnya yang meskipun mungkin kandungan merkurinya tidak terlalu tinggi namun tetap saja merkuri memiliki efek yang kurang baik bagi sang janin. Efek negatif yang ditimbulkan oleh merkuri tersebut akan berakibat pada terganggunya perkembangan otak dan juga sistem sarat sang janin. Untuk menghindari hal itu, maka para ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan setiap hari.

Makan Makanan Mentah

Pantangan Ibu Hamil
Pantangan Ibu Hamil

Selain menghindari makanan yang mengandung merkuri yang berasal dari ikan laut dan sumber-sumber lain yang kemungkinan besar memiliki kandungan yang sama, ibu hamil juga harus menghindari makan makanan mentah. Makanan mentah seperti yang diketahui secara umum adalah makanan yang kemungkinan besar memiliki kandungan bakteri dan virus yang dapat merugikan kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Bagi siapa saja yang mungkin memakan makanan mentah dan bahkan kurang higienis sudah pasti merugikan karena biasanya akan mengakibat sakit perut dan beberapa permasalahan kesehatan lainnya. Untuk alasan tersebut, para ibu hamil harus menghindari makan makanan mentah yang dapat mengakibatkan komplikasi pada janin. Terdapat cukup banyak permasalahan kesehatan yang dapat mengganggu perkembangan janin bahkan berakibat pada keguguran jika sang calon ibu tidak secara teliti memastikan bahwa makanan yang mereka konsumsi adalah makanan yang sudah dimasak dengan benar dan higienis. Beberapa Pantangan ibu hamil tersebut akan sangat membantu pertumbuhan janin agar dapat tumbuh sehat dan mengurangi beberapa risiko yang dapat berbahaya bagi kesehatan sang bayi.

Merokok

Selain menghindari beberapa makanan yang mengandung bahan-bahan yang tidak baik bagi janin, ibu hamil yang sebelumnya merokok juga harus menghentikan kebiasaan mereka untuk merokok karena kandungan rokok sendiri yang tidak baik bagi janin. Beberapa efek yang ditimbulkan ketika sang ibu hamil masih merokok selama masa kehamilan adalah bayi yang lahir dengan berat yang rendah. Selain itu kemampuan kognitif sang anak nantinya juga dapat terpengaruh karena bahan-bahan yang terkandung di dalam rokok menyebabkan anak nantinya tidak dapat belajar dengan baik. Selain itu kecenderungan anak untuk merokok juga menjadi salah satu akibat yang tidak terhindarkan ketika sang ibu masih tetap merokok selama masa kehamilan.

Makanan Yang Mengandung Pemicu Alergi

Meskipun beberapa makanan tidak memiliki efek yang berakibat negatif atau terlihat higienis, sang ibu hamil juga harus memperhatikan riwayat alergi yang pernah diderita terutama untuk beberapa makanan yang memang sudah dipastikan menyebabkan alergi baik yang tidak terlalu parah sampai yang paling parah. Untuk itu sangat dianjurkan bagi setiap ibu hamil untuk terlebih dahulu memastikan kondisi kesehatan Anda sehingga Anda pun dapat mengenali beberapa alergen yang nantinya dapat Anda hindari sehingga nantinya Anda pun tidak menurunkan risiko alergi yang sama pada anak Anda. Selain itu, disarankan juga agar Anda tetap menghindari beberapa jenis makanan yang menyebabkan alergi tersebut selama menyusui untuk memperkecil risiko menurunkan alergi yang sama pada anak Anda.

Minuman Yang Mengandung Alkohol

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh setiap ibu hamil karena efek yang ditimbulkan oleh minuman atau makanan yang mengandung alkohol sangat berbahaya. Alkohol akan menyebabkan penurunan pada kemampuan otak janin sehingga risiko terjadinya gangguan pada otak janin ketika ibu hamil mengonsumsi alkohol akan sangat tinggi. Beberapa akibat dari alkohol pada kandungan adalah gangguan pada IQ dan juga fisik pada bayi yang dilahirkan. Untuk itu sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol pada saat hamil.

Baju Ketat

Sebelum hamil mungkin Anda sangat menyukai mengenakan baju ketat, namun sebaiknya untuk menahan keinginan Anda untuk mengenakan baju yang ketat setidaknya sampai si jabang bayi lahir. Risiko yang ditimbulkan oleh baju ketat adalah mengganggu tumbuh kembang janin saat masih ada dalam kandungan. Biasanya risiko tersebut akan meningkat ketika Anda mengenakan baju ketat terutama pada bagian perut. Sebaiknya Anda menghindari baju yang menggunakan karet pada bagian perut. Memang diperlukan pengorbanan dengan memperhatikan beberapa Pantangan ibu hamil yang sebenarnya juga ditujukan bagi kebaikan bayi Anda nantinya.

Membersihkan Kotoran Hewan

Pada saat Anda hamil, sebaiknya Anda menghindari beberapa aktivitas yang akan membuat Anda terpapar dengan bakteri atau virus yang dapat berbahaya bagi kandungan Anda. Salah satu aktivitas tersebut adalah membersihkan kotoran hewan. Hal ini terutama terjadi ketika Anda memiliki hewan peliharaan baik kucing atau anjing. Sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk melakukan kontak langsung dengan kotoran hewan apapun. Selain itu risiko yang ditimbulkan terutama pada kotoran kucing akan lebih berbahaya karena kucing dikenal sebagai salah satu hewan yang menyebabkan terjadinya keguguran karena infeksi parasit yang dibawa secara alami oleh kucing. Mungkin tidak semua kucing membawa parasit yang akan menginfeksi janin Anda, namun akan lebih baik untuk mencegah dan menghindari kontak langsung dengan beberapa hal yang dapat berbahaya bagi kandungan Anda.

Beberapa hal di atas sebenarnya adalah beberapa hal yang sebenarnya sangat biasa dilakukan ketika Anda sedang tidak hamil dan tidak memiliki efek negatif yang dapat membahayakan jiwa Anda, namun lain halnya ketika Anda sedang hamil. Tentu janin yang ada dalam kandungan Anda masih dalam kondisi yang rentan terhadap berbagai macam bahaya yang ditimbulkan oleh beberapa organisme maupun bahan-bahan lainnya yang seperti merkuri dan alkohol karena dalam masa-masa awal pertumbuhan janin membutuhkan nutrisi dan perlakuan yang tepat sehingga nantinya sang calon bayi dapat tumbuh dengan sempurna dan sehat. Untuk itu sangat penting bagi Anda yang mungkin baru pertama kali mengalami kehamilan untuk memperhatikan apa saja Pantangan ibu hamil agar selama masa kehamilan Anda dapat berjalan tanpa ada kendala yang berarti dan sang bayi pun dapat dilahirkan dengan selamat.

Tinggalkan komentar