Obat pelancar haid

Tips dan Beberapa Obat Pelancar Haid

Bagi seorang wanita, menyelesaikan menstruasi tentu saja merupakan hal yang wajar terjadi. Namun tidak semua wanita menyelesaikan siklus. Sebenarnya hal ini memang tidak perlu dikhawatirkan, namun bagi Anda yang berencana ingin punya anak, masalah ini tentu saja harus dibereskan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar haid Anda lancar, yaitu dengan membiasakan hidup lebih sehat juga menggunakan obat pelancar haid yang direkomendasikan. Berikut beberapa obat pelancar haid yang biasa diresepkan dokter.

Sebenarnya, obat pelancar diserbu ini membantu tubuh untuk memproduksi hormon yang dikeluarkan sel telur, sehingga bisa dibilang obat pelancar haid ini juga merupakan obat penyubur cadangan. Obat ini juga memiliki tugas untuk menyeimbangkan kadar hormon yang dapat menyebabkan kerusakan pada ovulasi. Namun tentu saja, sebelum Anda membeli obat ini, Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan haid Anda tidak teratur. Periksakan diri Anda ke dokter lalu dokter baru akan memberikan resep obat pelancar haid di bawah ini.

Daftar Obat Pelancar Haid yang Aman di Apotik

  1. Clomiphene atau Serophene

Obat pelancar diserbu yang diberikan kepada wanita yang ovulasi tidak disediakan adalah Clomid atau Clomiphene Citrate.

Obat ini juga bisa disebut sebagai obat penghambat estrogen. Kelenjar hipotalamus dan hipofisis di dalam otak melepaskan hormon GnRH, FSH dan LH, estrogen terhambat dan mampu menghasilkan ovarium untuk menghasilkan lebih banyak sel telur.

Sekitar 60 – 80% wanita yang minum clomiphene akan berovulasi setelah menggunakan obat ini 1 minggu setelah dosis terakhir.

Efek samping yang biasanya muncul dari pengonsumsian obat ini termasuk ringan, seperti mual, kembung, sakit kepala dan dapat menghilangkan panas.

  1. Gonadotropin

Ada juga obat pelancar yang dihuni yang disuntikan ke dalam tubuh. Hormon Gonadotropin sintetis yang sering digunakan untuk disuntikan adalah hCG, FSH dan agonis GnRH.

Hormon ketiga di atas memang dihasilkan oleh tubuh, namun tidak dapat mencukupi dan membutuhkan tambahan agar dapat menghasilkan telur yang lebih aktif dalam memproduksi dan melepaskan sel telur sehingga menstruasi akan menjadi lebih baik.

Efek samping yang muncul juga bervariasi, namun yang biasanya terjadi muncul bengkak dan memar sementara di adalah kulit yang disuntik. Selain itu obat ini juga dapat menyebabkan cairan jadi Rahim menjadi lebih mudah.

  1. Pil KB

Pil KB juga dapat dirilis diterbitkan mampu melancarkan serangan. Seperti yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Australia, biasanya akan dibayar kembali setelah menggunakan Pil KB selama 6 bulan dengan teratur.

Pil KB mampu meningkatkan produksi protein globulin yang mengikat hormon seks. Protein ini mampu mengikat hormon androgen yaitu testosteron dalam darah. Kelebihan hormon androgen dan aktivitas testosteron yang tinggi ini mampu menyebabkan haid tidak teratur, sehingga dengan mengurangi aktivitas testosteron, haid akan tertata kembali.

Namun, ada beberapa efek samping yang biasanya muncul dari penggunaan Pil KB ini, yaitu suasana hati yang mudah berubah, perut kembung, nyeri bagian payudara, pendarahan menjadi tidak teratur dan berat badan yang berubah.

  1.  Progestin

Progestin merupakan hormon buatan dan memiliki fungsi yang sama dengan progesteron. Progesteron hormon sangat berguna untuk mempersiapkan tubuh untuk menuju pembuahan, mengendalikan hasrat seks dan mengatur siklus haid.

Biasanya, dengan menggunakan progestin, haid akan menjadi lancar dari asalnya tidak teratur karena mampu menyeimbangkan kadar estrogen yang ada pada tubuh. Banyak wanita yang siklus haid nya menjadi lebih mudah dengan menggunakan progestin dosis rendah.

Namun tentu saja, ada beberapa efek samping yang biasanya muncul, yaitu mendorong, perut kembung keputihan dan lain sebagainya.

  1.  Metformin

PCOS merupakan suatu keadaan dimana kadar hormon androgen yang ada pada tubuh terlalu tinggi sehingga membuat hormon lain menjadi kacau, sehingga membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Sebenarnya, metformin ini digunakan untuk mendapatkan sensitivitas insulin dan juga diabetes, namun obat ini juga mampu menyeimbangkan hormon androgen dan estrogen untuk wanita yang mengidap PCOS, jika diperlukan wanita ini memiliki indeks massa tubuh di atas 35 atau obesitas.

Jika ada yang mengalami resistensi dan ada resistensi insulin, maka hal ini dapat menyebabkan masalah pada proses ovulasi sehingga jadwal pun menjadi tidak teratur. Metmorfin ini dapat membantu melawan resistensi insulin.

  1.  Bromociptine

Bromociptine merupakan obat yang biasanya muncul dalam bentuk tablet dan kapsul. Obat ini digunakan untuk mereka yang memperbaiki masalah kelebihan prolaktin, seperti haid tidak gratis, seks bebas, sulit hamil, cairan lancar pada penempatan dan lain sebagainya, karena obat ini juga digunakan sebagai obat pelancar haid .

Biasanya, dokter akan memberikan resep yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Yang jelas, jika Anda menggunakan obat ini maka Anda harus selalu menerima arahan dari dokter, dan pastikan Anda minum obat di waktu yang sama setiap kunjungan.

Beberapa efek samping yang biasanya muncul adalah mual, muntah, diare, mulas, sembelit, penaikan atau penurunan gula darah.

Saran dari Kami: Bagi anda yang ingin melancarkan haid obat cytotec dan obat gastrul juga salah satu obat untuk melancarkan haid yang sangat direkomendasikan.

Tips Meluncurkan Haid

Obat pelancar haid
Obat pelancar haid

Karena beberapa obat pelancar datang dari yang biasanya diresepkan oleh dokter. Sebelum Anda mengonsumsi obat – obat di atas, maka lakukan konsultasi dulu dengan dokter. Munculnya masalah haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan tidak baik, sehingga sebelum ke dokter, Anda harus memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan agar haid Anda menjadi lebih teratur adalah dengan olahraga teratur, istirahat yang cukup, bisa juga dengan latihan yoga, menangani badan yang berat, mengendalikan stres, dan tentu saja dapat meningkatkan makanan sehat yang mampu melancarkan haid seperti sayur – sayuran, buah dan kacang – kacangan. Meminta pasokan air putih perhari nya terpenuhi, karena bisa saja ini merupakan penyebab haid dan menjadi masalah

Anda juga dapat mencoba untuk meminum ramuan tradisional yang menggunakan kunyit, daun pepaya, jahe, wortel, kelapa hijau, daun bidara dan ramuan lainnya yang memang telah terbukti mampu melancarkan haid.

Namun jika pola hidup Anda sudah sehat namun masih muncul masalah ini, maka diperlukan Anda untuk banyak – banyak yang setuju dengan dokter. Sebenarnya, masih ada banyak obat – obat yang bisa memperlengkapi haid, namun tentu saja semuanya akan lebih baik jika Anda mendapatkan dulu dengan dokter agar Anda bisa tahu akar permasalahan dari mengapa haid menjadi tidak lancar.

Selain itu, jangan pernah menyepelekan efek samping yang bisa muncul dari pengonsumsian obat – obat pelancar haid di atas. Jika dirasa siklus haid malah menjadi lebih buruk atau efek samping menjadi lebih parah, maka hentikan penggunaan obat pelancar ini dan pergi ke dokter untuk perbaikan lebih lanjut.

Tinggalkan komentar