Makanan Pantangan Haid

8 Makanan Pantangan Haid yang Dinilai Membahayakan

Makanan pantangan haid yang akan kami berikan list nya seperti di bawah ini tentunya wajib untuk diberi perhatian. Tak bisa dipungkiri jika proses menstruasi bagi perempuan dewasa merupakan momen yang rentan. Terdapat perubahan hormonal yang mempengaruhi organ reproduksi perempuan dewasa untuk mendetoks darah kotor agar dikeluarkan dari tubuh. Dan hal tersebut tentunya terjadi sebagai rutinitas.

Makanan pantangan haid yang akan kami tuliskan berikut mohon untuk sebisa mungkin diminimalisir konsumsinya kala siklus menstruasi tengah datang. Hal tersebut berguna demi menjaga tubuh perempuan tetap fit serta terhindar dari hal tak diinginkan. Terlebih masa menstruasi biasanya juga merupakan periode yang tak mudah dilalui begitu saja. Ada banyak keluhan, sebisa mungkin jaga asupan makan.

Makanan Pantangan Haid Membahayakan

makanan pantangan haid
8 makanan pantangan haid

Makanan Olahan

Makanan pantangan haid yang perlu dihindari dalam list pertama yakni beragam makanan olahan instan. Para ahli medis memang tak menyarankan makanan satu ini bahkan untuk siapa saja pada umumnya. Namun saat periode menstruasi datang maka berpantang makanan satu ini amat lebih disarankan lagi. Seperti yang kita ketahui bersama, makanan olahan tentunya banyak mengandung zat aditif berisiko.

Pada periode menstruasi, perempuan dewasa umumnya mengalami kondisi badan yang kurang stabil. Serangkaian perubahan hormon mempengaruhi tubuh baik secara fisik maupun psikis. Banyak keluhan nyeri kram maupun badan pegal-pegal. Disertai pula dengan mood yang bisa saja sangat gampang berubah-ubah. Dan mengonsumsi makanan olahan instan justru bisa memperburuk ragam keluhan itu.

Makanan Asin

Makanan pantangan haid selanjutnya ini merupakan segala jenis kudapan yang diolah dengan memberi bumbu garam berlebih. Makanan jenis satu ini tak begitu disarankan untuk dikonsumsi kala periode menstruasi tengah tiba. Hal tersebut lantaran kombinasi hormon menstruasi dengan bumbu garam tidak begitu baik dampaknya bagi perempuan. Keluhan menstruasi bisa jadi justru bertambah parah.

Ada kaitannya antaran hormon menstruasi dengan garam berlebih berpotensi untuk memperparah terjadinya keluhan perut kembung pada perempuan yang tengah mengalami menstruasi. Retensi air yang terjadi bisa membuat para perempuan mengalami ketidaknyamanan selama haid secara lebih parah. Pengaruh hormonal juga semakin memperlambat kinerja usus, tumpukan gas pun membuat tak nyaman.

Makanan Berporsi Besar

Makanan pantangan haid selanjutnya ialah beragam makanan yang disajikan dalam porsi besar. Mungkin bagi beberapa perempuan bisa saja mengalami nafsu makan meningkat kala periode menstruasi datang. Namun hal tersebut bukan menjadi sebuah pembolehan untuk bisa sekaligus makan porsi besar dalam sekali waktu. Potensi keluhan sakit perut bisa mendera lebih sering dengan pola makan tersebut.

Baca juga: cara melancarkan haid paling efektif

Jika pun para perempuan menstruasi sering mengalami lapar maka sangat dianjurkan untuk makan dengan porsi sedikit dalam waktu yang sering. Hal tersebut akan membantu lebih menstimulasi sistem cerna bekerja jauh lebih maksimal. Sistem cerna juga masih memiliki waktu luang untuk bisa beristirahat dan tak terlalu ngoyo bekerja. Pengaruh hormon menstruasi terhadap sistem cerna tentu signifikan.

Produk Gandum

Makanan pantangan haid yang perlu untuk dihindari selanjutnya ialah berupa produk olahan gandum. Mungkin selama ini kita banyak mengira gandum merupakan jenis makanan yang amat sehat lantaran kandungan serat alamiahnya yang melimpah. Namun perlu dicatat pada produk olahan gandum tertentu faktanya juga kandungan nutrisi gandum sudah banyak tereduksi. Hal tersebut membuat gizinya tak optimal.

Bahkan bagi perempuan haid, makanan olahan gandum justru bisa memperparah ragam keluhan yang tengah mendera. Gandum olahan juga berpotensi untuk mengganggu metabolisme gula dalam darah serta kestabilan nafsu makan pada perempuan yang tengah mengalami periode menstruasi. Untuk itu amat disarankan selama menstruasi sebisa mungkin meminimalisir konsumsi olahan gandum manis.

Makanan Berkafein

Makanan pantangan haid yang mengandung kafein tentunya bukan dari jenis kopi saja ya. Ada banyak makanan berkafein lainnya semisal teh hitam serta cokelat. Kandungan kafein apalagi dalam jumlah besar jika dikonsumsi selama haid dirasa justru makin memperparah nyeri payudara maupun juga kram perut. Kandungan kafein berlebih biasanya juga memicu detak jantung yang umumnya lebih keras lho.

Pada masa menstruasi dengan kondisi hormonal serta banyak keluhan didapat oleh perempuan, maka mengonsumsi makanan berkafein dinilai kurang bijak. Hal tersebut lantaran dinilai kurang cocok. Pada saat menstruasi perempuan cenderung membutuhkan ketenangan ekstra untuk menghadapi rangkaian perubahan fisik maupun psikis. Dan kafein dirasa sebagai kandungan zat yang umumnya berisiko.

Daging Merah

Banyak yang menyangka tentunya daging merah bisa digunakan sebagai alternatif bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan protein mencukupi. Namun ternyata mengonsumsi daging merah saat menstruasi tengah melanda bukanlah sebuah pilihan yang paling tepat. Hal tersebut lantaran daging merah juga masuk dalam jajaran menu dengan kandungan lemak trans yang dirasa amat signifikan ya.

Untuk itu perempuan haid disarankan meminimalisir konsumsi daging merah. Kandungan lemak trans dalam daging merah justru bisa memperparah potensi peradangan yang terjadi, utamanya kala haid melanda. Bahkan kandungan lemak trans bisa memicu terjadinya keluhan kram perut menjadi semakin menjadi. Jika Anda ingin tetap mengonsumsi daging, kami bisa sarankan menu ikan salmon saja.

Gorengan

Makanan satu ini tentunya wajib diminimalisir untuk dikonsumsi kala haid datang. Bahkan bisa dibilang lebih parah dampaknya daripada memakan daging merah. Kandungan lemak dalam gorengan tentu sudah tak bisa dinafikkan lagi. Selain semakin memperparah potensi peradangan selama masa haid, tentunya juga amat mungkin membuat keluhan nyeri perut menjadi semakin parah jika memakannya.

Gorengan juga dinilai memiliki kandungan zat yang bisa memicu kadar hormon esterogen dalam masa menstruasi semakin meningkat drastis. Seperti yang kita ketahui bersama labilitas pelonjakan hormon menstruasi tersebut akan berdampak langsung pada beragam keluhan. Seperti keluhan nyeri kram yang makin menjadi maupun juga tingkat suasana hati yang bisa jadi semakin labil sulit dikendalikan ya.

Makanan Pedas

Makanan pedas juga disarankan dihindari terlebih dulu pada masa menstruasi datang. Hal tersebut lantaran beberapa efek yang bisa ditimbulkannya. Mulai dari gangguan pencernaan yang semakin parah, potensi munculnya jerawat semakin tinggi hingga potensi lamanya menstruasi yang bisa jadi semakin memanjang. Makanan pedas selain itu juga bisa memicu keluhan lain yang tak menguntungkan.

Misalnya saja potensi terkena sariawan maupun juga serangan diare lantaran terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Risiko semacam itu akan membuat periode menstruasi menjadi semakin tak nyaman. Sebagai saran pamungkas, kala menstruasi beragam makanan organik adalah pilihan yang terbaik. Perbanyak makan sayur serta buah alami maka keluhan saat haid bisa diminimalisir optimal ya.

Demikianlah beragam info yang berhasil kami himpun utamanya terkait dengan list makanan pantangan haid yang sebaiknya dihindari lantaran berisiko. Bagi perempuan dewasa manapun sudah seharusnya lebih concern memperhatikan kebutuhan serta kenyamanan tubuh terlebih kala periode menstruasi datang. Karena saat itu kondisi tubuh serta hormonal jauh lebih rentan daripada saat hari-hari biasa.

Tinggalkan komentar