larangan setelah minum cytotec

Cermati 4 Larangan Setelah Minum Cytotec Agar Lebih Manjur

Cytotec dikenal sebagai obat keras yang digunakan untuk luka atau tukak lambung, keguguran, dan aborsi. Sebagai obat keras, cytotec harus digunakan sesuai dengan anjuran dan dosis dari dokter. Pasti kamu akan bertanya, apakah ada larangan setelah minum cytotec ini?

Obat yang mengandung bahan aktif misoprostol ini, bisa bereaksi dengan obat lain dan menimbulkan efek samping yang semakin parah. Kamu harus menghindari beberapa hal setelah minum cytotec ini. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Hindari Obat-Obatan yang Bereaksi Dengan Cytotec

larangan setelah minum cytotec
pexels.com

Aturan penggunaan cytotec ini sangat ketat. Mulai dari dosis, berapa kali pemakaian dalam sehari, hingga pasca pengobatan. Aturan ketat ini agar tidak ada efek samping yang berakibat fatal.

Bahkan setiap orang berbeda dalam pemberian dosisnya. Sedikit saja keliru dalam pemberian dosis bisa menyebabkan overdosis. Kondisi tersebut bisa membuat kamu harus menjalani perawatan di instalasi gawat darurat.

Overdosis tersebut selain disebabkan oleh dosis yang keliru, juga pengaruh adanya reaksi obat lain. Jenis obat yang bisa bereaksi dengan cytotec ini harus dihindari. Oleh karenanya, konsultasi dokter menjadi hal yang wajib dalam penggunaan cytotec ini.

Obat yang bisa bereaksi dengan cytotec berupa magnesium karbonat, magnesium oksida, magnesium hidroksida, magaldrate, dinoprostone topikal, dan quinapril. Pastikan setiap obat yang kamu konsumsi tidak mengandung beberapa obat tersebut.

Hindari Aktivitas yang Terlalu Berat

aktivitas berat
pexels.com

Penggunaan cytotec untuk aborsi, keguguran, atau luka lambung memberikan resiko yang sangat besar terhadap saluran pencernaan dan saluran produksi. Terutama untuk vagina yang rawan dengan infeksi akibat aborsi atau keguguran tersebut.

Setelah minum cytotec kamu harus menghindari hubungan seksual. Adanya penetrasi yang terjadi ke dalam vagina akan menyebabkan luka semakin melebar dan berakibat infeksi pada saluran pencernaan maupun reproduksi.

Kamu juga harus menghindari kolam renang bahkan juga untuk mandi. Kontak vagina dengan air juga bisa membuat infeksi. Paling tidak kamu harus meminimalisir untuk bersentuhan dengan air.

Setelah kamu minum cytotec biasanya akan berpengaruh pada kondisi tubuh yang terasa lemah. Tidak hanya berhubungan seks, dan mandi saja. Aktivitas berat lainnya juga harus kamu hindari, agar tidak terjadi luka yang lebih parah di dalam saluran pencernaan dan reproduksi kamu.

Hindari Makan Makanan Tidak Sehat, Pedas, Alkohol, dan Tembakau

larangan setelah minum cytotec
pexels.com

Setiap orang yang mengkonsumsi cytotec membutuhkan nutrisi yang lengkap. Nutrisi tersebut tentunya didapatkan dari makan makanan yang bergizi. Kebutuhan nutrisi ini akan membantu proses penyembuhan lebih lengkap.

Namun, tidak semua makanan bisa kamu konsumsi dengan bebas. Makanan berlemak, dan pedas bisa berbahaya pada lambung kamu. Begitu juga dengan makanan lain yang berakibat negatif pada kesehatan.

Konsumsi alkohol dan tembakau juga sangat berbahaya. Setiap dokter pasti melarang agar tidak pernah mencoba minum alkohol dan merokok setelah minum cytotec. Sekali kamu coba bisa berakibat fatal.

Hindari Menambah Dosis Pemakaian

larangan setelah minum cytotec
pexels.com

Aturan minum cytotec ini biasanya adalah empat kali sehari. Waktu minumnya juga harus sangat teratur. Yaitu setelah makan pagi, siang, malam, dan yang terakhir sebelum tidur.

Sekali saja kamu lewat waktu yang ditentukan, kamu tidak boleh menambah dosis ekstra. Keteraturan penggunaan cytotec ini harus benar-benar diperhatikan. Hal itu ditujukan untuk menghindari efek samping yang bisa terjadi.

Cytotec di satu sisi memberikan manfaat untuk pengobatan, di sisi lain juga harus sangat berhati-hati dalam penggunaannya. Berbagai macam larangan setelah minum cytotec ini jangan pernah kamu langgar. Karena akan timbul efek samping ringan bahkan hingga fatal bisa kamu dapatkan.

Konsultasi dengan dokter menjadi jalan terbaik agar kamu bisa mendapat manfaat dari cytotec ini. Beberapa larangan setelah minum cytotec juga bisa bertambah tergantung dari kondisi kesehatan dan rekam medis kamu. Jadi saatnya kamu harus cerdas dalam setiap hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Tinggalkan komentar