alasan kenapa cytotec tidak boleh ditelan

Inilah Alasan Kenapa Cytotec Tidak Boleh Ditelan

Pada dasarnya Misoprostol atau Cytotec merupakan obat untuk mencegah dan mengobati tukak lambung. Obat ini tidak dianjurkan pada ibu hamil karena akan menyebabkan keguguran, lahir prematur, dan bayi lahir cacat. Adapun proses pengguguran melalui Cytotec ini tidak cepat bereaksi, karenanya itulah kenapa Cytotec tidak boleh ditelan.

Cytotec tersedia dalam bentuk tablet di pasaran. Obat ini berguna untuk menurunkan asam lambung yang berlebih dengan cara melapisi lambung. Namun pemakaian obat ini akan menimbulkan diare, mual, maupun kram perut. Hasil studi memperlihatkan bagi wanita yang tengah hamil terdapat risiko pada janin dan juga sangat tidak dianjurkan untuk ibu menyusui, karena akan diserap ASI.

Kenapa Cytotec Tidak Boleh Ditelan, Pilih Alternatif Lainnya

alasan kenapa cytotec tidak boleh ditelan

Pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana obat ini bekerja efektif dan hal-hal lainnya.

Cara Penggunaan Cytotec

Seperti yang dijelaskan di atas, pemakaian Cytotec tidak akan bekerja maksimal bila Anda meminum atau menelannya secara langsung. Adapun cara lain yang lebih efektif yakni sebagai berikut:

– Menggunakan teknik bilingual atau dengan hanya menaruhnya di bawah lidah Anda, kemudian Anda diamkan tablet tersebut kurang lebih selama 30 menit. Selama proses bilingual Anda tetap bisa menelan ludah, namun hindari memakan atau menelan selagi obat tengah melarut di bawah lidah Anda. Setelah 30 menit berlalu,keluarkan dengan meludahkan sisa obat tadi.

 – Dengan Pemakaian Pfizer. Cara ini diduga ampuh, tepat dan benar, supaya berhasil tuntas mencegah terjadinya kegagalan. Adapun penggunaan pfizer yakni pemakaian di dalam vagina dimana obat tersebut dimasukkan sedalam mungkin ke mulut rahim atau ke pemakaian. Obat yang biasanya di induksikan untuk pengguguran sangat berbeda dengan obat pada dipasaran pada umumnya,

Kinerja Cytotec yang Efektif

Pilihan pemakaian Cytotec ini sebenarnya bisa digunakan melalui vagina, melalui anus, dan juga lewat sublingual. Pemakaian ditaruh dibawah lidah ini bisa juga diandalkan tetapi efek dari Cytotec ini lebih banyak larut atau terbuang ke urine. Sebab itu, penggunaan lewat vagina  lebih efektif. Melarutkan obat ini dalam air jika ingin meminum obat ini. Jika ingin lebih efektif gunakanlah cara-cara tersebut.

Jadi jelas itulah kenapa Cytotec tidak boleh ditelan, agar penggunaannya lebih cepat bekerja. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, obat ini tidak diperuntukkan untuk wanita hamil dan juga ibu menyusui karena langsung berpengaruh pada janin atau bayi. Bahkan obat ini memiliki efek samping ketika meminumnya.

Obat ini akan berefek menggugurkan bila dosis pemakaian sebesar 4200 mikrogram taruh obat tersebut di bawah lidah. Untuk itu, sebelum menggunakannya penting bagi Anda untuk ketahui dosis obat tersebut, selain lebih efektif tentunya untuk keselamatan Anda agar tidak overdosis. Anda perlu mengetahui waktu yang tepat memakai obat ini. Karena bila terdeteksi saat pemeriksaan di dokter Anda akan bermasalah dengan hukum.

Dosis dan Aturan Pakai Misoprostol atau Cytotec

kenapa cytotec tidak boleh ditelan

Misoprostol ini hanya dokter saja yang boleh berikan, dosis pemakaian pun disesuaikan dengan keadaan pasien itu sendiri. Berikut ini dosis untuk beberapa kondisi:

– Mengatasi atau mengobati tukak lambung dan tukak usus halus

Dosis sebanyak 0,4 mg untuk dua kali sehari atau dengan dosis 0,2  diminum empat kali sehari. Masa pengobatan bisa memakan waktu empat hingga delapan minggu.

– Mencegah terjadinya tukak lambung dikarenakan obat antiinflamasi nonsteroid

Dosis kurang lebih 0,2 mg pemakaian dua sampai empat kali satu hari. Apabila Anda mengalami efek samping, kurangi dosis jadi 0,1 mg untuk empat kali sehari.

– Untuk persalinan

Dosis ini akan diberikan dokter setelah melihat kondisi ibu hamil tersebut.

Bila wanita hamil menggunakan obat ini sebanyak empat tablet dengan cara sublingual hal ini akan berakibat gugurnya kandungan. Namun bila janin masih selamat, besar risiko bayi akan mengalami cacat. Umumnya dalam satu tablet Cytotec mengandung 800 mcg, bila dipakai hingga empat tablet maka 3200 microgram, ini cukup berbahaya.

Untuk amannya baiknya Anda ketahui dahulu dosis pemakaian obat ini agar tidak membahayakan diri sendiri. Tak hanya efek samping, obat ini juga dapat membuat Anda pendarahan bila salah penggunaannya.

Interaksi Misoprostol dengan Obat Lain

Ternyata ada beberapa obat yang membuat interaksi pada Cytotec atau Misoprostol. Adapun akibat dari interaksi ini meliputi:

– Efek samping jadi lebih parah seperti diare jika dibarengi antasida yang memiliki kandungan Magnesium Hidroksida atau Ion Magnesium

– Menambah atau meningkatkan intensitas efek kontraksi pada otot rahim, apabila diminum bersama obat untuk induksi buat persalinan ataupun Oksitosin.

Namun efek lebih parah bisa saja terjadi seperti tidak bisa buang air kecil, muntah darah, terdapat darah saat tinja, merasa haus terus, merasa kepanasan, kulit jadi kering dan panas dan lain sebagainya. Apabila terjadi hal ini pada Anda baiknya Anda segera temui dokter.

Sekiranya Anda telah memahami kenapa Cytotec tidak boleh ditelan. Demi efektif penggunaan Anda bisa mengerjakannya dengan sublingual dan lewat vagina. Namun perlu Anda pastikan dosis aman pemakaian untuk keselamatan Anda.

Tinggalkan komentar