gastrul

Gastrul Obat untuk Penggugur Kandungan

Bagi penderita tukak lambung Anda dapat mengonsumsi gastrul untuk mengobati penyakit tersebut. Adanya unsur Misoprostol di dalam obat tersebut mampu mencegah ulkus lambung. Terjadinya tukak lambung ini diakibatkan karena pemakaian obat anti inflamasi dan obat anti nyeri. Karenanya apabila Anda mempunyai riwayat penyakit ini bisa meminumnya, tapi tidak disarankan bagi wanita hamil.

Penggunaan GS ini tak hanya berguna untuk hal tersebut, obat ini pun memiliki tujuan di luar dari petunjuk yang dianjurkan yakni untuk menggugurkan kandungan. Akan tetapi, tindakan pengguguran ini telah tercantum dalam undang-undang khusus mengenai aborsi. Jadi, penggunaan GS untuk aborsi harus mengantongi izin dari dokter serta bukan tindakan pelanggaran hukum dari UU tersebut.

Pembahasan Lengkap dari Gastrul Sebagai Obat Penggugur

Sebenarnya penggunaan obat ini tidak bisa dikonsumsi oleh banyak orang. Dan ini pun harus mendapatkannya dari resep dokter. Untuk penjabaran lebih lanjut mengenai GS ini, akan diurai secara lengkap di bawah ini.

Indikasi atau Kegunaan GS

Adapun kegunaan dari obat ini untuk atasi beberapa kondisi medis, di antaranya:

– Untuk mencegah dan atasi ulkus peptikum atau tukak lambung.

– Pengobatan penyakit usus dua belas jari, tapi tak dapat mencegah tukak duodenum, baik yang diakibatkan penggunaan obat OAINS.

– Sebagai pengobatan serta pencegahan penyakit ulkus lambung karena efek samping dari obat anti inflamasi non steroid.  Terlebih kepada penderita yang punya riwayat sakit ulkus peptikum maupun orang tua yang berisiko alami tukak.

– Berguna untuk mengobati pendarahan parah setelah melahirkan.

Kontraindikasi

Tidak hanya wanita hamil saja yang tidak boleh konsumsi obat Gastrul, ada beberapa penderita yang ternyata mengalami kondisi kalau tak boleh menggunakannya:

~ Sebaiknya tidak diberikan untuk orang yang mempunyai riwayat alergi terhadap prostaglandin atau hipersensitifitas.

~ Tak boleh diberikan pada wanita yang berencana untuk hamil atau yang sedang promil. Dan juga kehamilan yang tidak mendapatkan pembenaran oleh tespack atau USG maupun kehamilan ektopik yakni hamil di luar kandungan,

~ Tidak dianjurkan bagi wanita akan memulai persalinan, apabila terdapat luka di uterus, maupun dicurigai atau terbukti tengah terjadi kompromi janin sebelum menjalani induksi persalinan.

~ Adapun wanita yang memiliki kelainan uterus, adanya malpresentasi janin, mempunyai plasenta previa atau mengalami pendarahan vaginal yang tak bisa dijelaskan sesudah 24 minggu kehamilan, mengalami gejala chorioamnionitas yakni adanya infeksi di cairan ketuban akibat bakteri. Semua kondisi tersebut tidak dibolehkan.

~ Jangan digunakan berbarengan dengan penginduksi kehamilan lainnya obat oksitosin.

Dosis GS dan Cara Penggunaan

gastrul
obat gastrul

Dosis pada obat ini ada yang 100mcg dan juga 200mcg per tablet dalam bentuk tablet. Harap Anda ketahui, dosis yang digunakan harus sesuai san dokter yang dilihat dari berat badan, keparahan penyakit, jenis kelamin, umur ataupun dari kesehatan Anda sendiri.

Berikut ini dosis yang wajar dipakai yakni :

> Dosis untuk pengobatan tukak duodenum, tukak lambung, dan tukak yang disebabkan obat OAINS yang dikonsumsi. 800 mcg per hari untuk dosis orang dewasa yang dibagi pada 2-4 dosis setidaknya selama 4 minggu walau tanda atau gejalanya tak kunjung mereda sebelum rentan waktu tersebut. tambahan dosis mungkin diberikan bila tukak kambuhan terjadi.

> Dosis untuk pencegahan untuk tukak yang disebabkan pemakaian obat OAINS. Untuk dosis dewasa 2-4 kali 200 mcg dalam sehari. Apabila tubuh tak dapat menerima dengan baik maka dosis bisa diturunkan jadi 100 mcg sebanyak 4 kali sehari.

> Dosis untuk penggugur kandungan di mana usia janin kurang dari 49 hari, dosis sebesar 400 mcg satu kali sehari. Diminum sesudah 36-48 jam setelah konsumsi mifepristone.

> Dosis sebagai obat induksi persalinan, dosis yang diberikan dalam bentuk supositoria 200 mcg yang  larut secara perlahan sekitar 7 mcg per jam dalam waktu 24 jam bagi wanita yang memiliki kondisi servik tidak prima atau ketika usia kehamilan mencapai 36 minggu.

Maksimal penggunaan 1 obat supositoria untuk sekali pakai. Obat mesti dikeluarkan bila terjadi kondisi seperti terjadi kontraksi rahim berkepanjangan dan berlebihan, persalinan aktif, adanya bukti kompromi janin, pemakaian sudah lebih dari 24 jam. Apabila obat tersebut keluar dengan sendirinya maka jangan dimasukkan kembali.

Petunjuk Penggunaan

– Gastrul harus diminum sesudah makan.

– Ikuti semua saran dokter maupun petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan sebelum Anda mengonsumsi obat tersebut.

– Jarak antara satu dosis dan dosis yang lain dikonsumsi pada jarak waktu yang sama, misalkan 6-8 per tiga kali sehari. Karenanya akan memudahkan Anda untuk mengonsumsinya bila diminum di waktu yang sama tiap harinya.

– Jika dimaksudkan sebagai obat penggugur kandungan maka obat ini dikonsumsi dengan menaruh di bawah lidah kurang lebih 30 menit, lalu inti tablet yang mengandung diclofenac.

– Kalau ada dosis yang terlewat karena Anda lupa, sesaat setelah ingat segeralah meminumnya, dalam catatan dosis berikutnya masih sekitar 5 jam ataupun lebih. Tak boleh dobel dosis saat jadwal minum berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping GS

Sama halnya dengan obat medis lainnya, obat ini juga mempunyai efek samping yang bisa timbul. Beberapa efek mungkin akan segera mereda dengan sendirinya. Tapi ada beberapa efek samping yang perlu dikonsultasikan pada dokter. Beberapa efek samping dari GS ini di antaranya:

– Anda akan mengalami diare, dyspepsia, kembung, nyeri perut, mual dan muntah.

– Terdapat ruam kulit.

– Kepala terasa pusing dan sakit kepala.

– Makin naik atau meningkatnya kontraksi uterus.

– Terjadi pendarahan vagina yang tak normal.

– Hipotensi walau jarang terjadi.

– Dapat berakibat fatal bila terjadi shock toksik atau shock septik sekaligus dengan infeksi.

Efek Overdosis GS

Umumnya, bila penggunaan GS ini melebihi dari dosis yang dianjurkan dokter akan menyebabkan efek overdosis. Misalkan sakit perut, diare, tremor, demam, bradikardia, kejang-kejang, dan palpitasi. Apabila  hal tersebut terjadi langsung hubungi layanan kesehatan terdekat dari tempat tinggal supaya cepat ditangani dan tepat sesegera mungkin.

Peringatan dan Perhatian

Selama dan terutama sebelum menggunakan obat ini, harap Anda perhatikan poin-poin di bawah ini:

– Beri tahu kepada dokter atau pada apoteker apabila Anda pernah memiliki alergi atau hipersensitivitas dengan obat kandungan prostaglandin.

– Berati-hati menggunakan obat ini untuk pasien yang rentan akan mengalami diare, seperti halnya pada penderita IBD atau inflamatari bowel disease.

– Bagi penderita penyakit jantung maupun memiliki kondisi hipotensi yang akan menimbulkan komplikasi serius misalkan arteri koroner, penyakit vaskular perifer, dan penyakit serebrovaskular. Seseorang yang memiliki situasi tersebut jika menggunakan obat ini harus mendapat perhatian lebih.

– Hindari pemberian obat pada pasien yang sedang menyusui, menderita dehidrasi, dan mempunyai gangguan fungsi ginjal.

Pada dasarnya gastrul ini sangat tidak disarankan bagi ibu hamil konsumsi, karena akan menimbulkan berbagai efek terutama gugurnya kandungan. Adapun penggunaan ini untuk menggugurkan harus ada izin dokter.


Apabila anda ingin konsultasi seputar cytotec dan gastrul silahkan hubungi kontak kami

Tinggalkan komentar