ciri cytotec palsu

Mengenali Ciri Cytotec Asli Dan Palsu

Cytotec merupakan salah satu merek Misoprostol yang dikenal di Indonesia serta dapat didapatkan dengan mudah. Misoprostol adalah obat yang digunakan untuk melakukan aborsi medis. Seperti halnya produk lain non obat , obat-obatan juga banyak dipalsukan dan dijual dengan harga yang lebih murah demi keuntungan semata tanpa melihat akibat buruk yang ditimbulkan. Oleh sebab itu sebagai konsumen terlebih yang awam terhadap obat-obatan, penting untuk mengetahui ciri cytotec asli agar dapat membedakannya dengan yang palsu dan terhindar dari segala efek negatif yang mungkin ada.

Mengenal Cytotec

Cytotec adalah merek dagang dari Misoprostol yang merupakan produk dari pfizer ( searle) dan telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration). Obat ini juga memenuhi syarat NSAID ( non Steroidal Anti Inflammatory Drugs) atau obat anti inflamasi non steroid.

Sebagai Misoprostol, Cytotec digunakan untuk melakukan prosedur pengguguran kandungan secara medis. Penggunaan obat ini meskipun dapat dikonsumsi sendiri namun disarankan didampingi oleh konsultasi dengan dokter yang kompeten dalam bidangnya. Penggunaan dosis Cytotec tergantung dari usia kandungan yang akan mengalami proses aborsi medis.

Cytotec asli

ciri cytotec asli

Sebelum membeli dan mengkonsumsi obat ini, anda harus mempunyai pengetahuan terlebih dahulu akan perbedaan dan ciri cytotec asli dan yang palsu. Mengkonsumsi obat palsu ditakutkan akan memberikan efek negatif yang bahkan bisa membahayakan. Selain berbahaya, tidak ada jaminan bahwa obat palsu dapat menuntaskan proses aborsi dengan baik dan benar.  Bayangkan apabila anda mengkonsumsi obat yang tidak asli, selain tidak efektif anda juga dapat berdampak efek samping negatif yang berbahaya untuk anda.

Berikut adalah panduan bagi anda untuk mengenali Cytotec yang asli. Pertama lihat bungkus atau packaging nya, Cytotec asli mempunyai bungkus berupa blister aluminium yang bertuliskan cytotec misoprostol 200 mg.  Dalam kemasan blister tersebut juga dapat ditemukan tulisan pfizer.

Kemudian perhatikan tabletnya, Cytotec asli tabletnya berbentuk segi enam dan berwarna putih. Pada tablet Cytotec yang asli anda akan menemukan tulisan  searle 1461 dan juga akan ada garis tengah pada setiap tablet yang asli.

Cytotec palsu

ciri cytotec palsu

Berhati-hatilah dalam membeli segala jenis obat-obatan termasuk ketika anda akan membeli cytotec . pastika tempat anda membeli adalah penjual yang terpercaya atau carilah apotek yang resmi untuk terhindar dari segala jenis obat-obatan palsu.

Namun anda tetap harus menjadi pembeli yang pintar, meskipun anda yakin tempat anda membeli obat adalah terpercaya tapi kita tidak pernah tahu apakah itu benar. Maka dari itu pembeli pintar harus mampu membedakan mana barang palsu dan asli agar dapat merasa nyaman, dimanapun anda membeli produk tersebut.

Untuk menghindari Cytotec palsu ada beberapa ciri yang bisa anda lihat. Pertama cytotec asli adalah tablet yang berwarna putih, jika selain putih atau yang banyak beredar adalah berwarna biru itu adalah produk yang palsu.

Kemudian bentuk dari Cytotec itu sendiri, apabila tidak berbentuk tablet segienam dan bahkan berbentuk kapsul maka itu adalah obat palsu. Ada pula yang menjual Cytotec berbentuk tablet panjang, itu pun adalah obat yang tidak asli karena obat asli akan berbentuk segi enam. Waspadalah juga jangan sampai tergiur harga murah. Karena barang palsu akan cenderung dijual dengan harga yang miring untuk menjaring pembeli.

Apa yang terjadi setelah konsumsi Cytotec?

Ketika anda mengetahui ciri cytotec asli dan mendapatkannya, anda perlu mengetahui hal-hal berikut akan terjadi setelah anda mengkonsumsi tablet Cytotec tersebut. Efek pendarahan yang dirasakan akan bervariasi, biasanya mulai 4 hingga 6 jam setelah dosis pertama konsumsi Cytotec akan mulai terjadi. Namun juga ada yang mengalami lebih cepat dan lebih lambat bahkan hingga 24 jam.

Akan memungkinnkan andamengalami nyeri dan kram lebih dari saat anda menstruasi. Secara umum kram dan pendarahan yang dirasakan akan lebih kuat apabila usia kandungan semakin lama. Efek lain yang akan dirasakan adalah mual dan muntah serta diare dan menggigil.

Jika anda mengkonsumsi Cytotec palsu maka efek seperti kram, mual, muntah dan menggigil tidak akan anda rasakan.  Kram dan pendarahan akan menghilang secara perlahan ketika proses aborsi telah tuntas.

Apabila pendarahan terjadi namun berangsur hilang dalam jangka waktu 1 hingga 4 minggu , maka hal itu masih termasuk normal. Menstruasi akan datang kembali setelah empat hingga 6 minggu setelah proses aborsi tuntas bisa juga lebih lama. Dalam masa pendarahan disarankan untuk menggunakan pembalut dan bukan tampon.

Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya proses aborsi yang dilakukan, maka anda  disarankan melakukan tes kehamilan setelah 3 minggu. Apabila setelah mengkonsumsi obat anda tidak merasakan pendarahan atau hanya ada sedikit maka anda perlu ke dokter untuk melakukan USG. Hal ini bisa jadi aborsi tidaklah tuntas atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Temui dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Tinggalkan komentar