cara mengobati maag kronis

3 Cara Mengobati Sakit Maag Kronis yang Alami dan Aman

Apakah Anda sudah mengetahui cara mengobati sakit maag kronis secara alami? Penyakit maag kronis sangat umum dijumpai di kota-kota besar, terutama di kalangan pekerja. Gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur menjadi biang kerok utama penyakit ini.

Salah satu jenis penyakit maag adalah maag kronis. Maag kronis merupakan penyakit maag yang berkembang dan berjalan dalam waktu yang lama. Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit maag kronis sampai penyakitnya sudah parah.

Apa saja gejala dari penyakit maag kronis? Bagaimana cara mengobatinya secara alami? Simak pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Apa Itu Maag Kronis?

Maag atau gastritis adalah sebuah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh peradangan dinding lambung. Peradangan ini disebabkan oleh iritasi karena asam lambung. Iritasi menyebabkan dinding lambung menjadi rusak.

Maag kronis adalah peradangan yang bersifat kronis. Artinya, maag kronis berkembang dan berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Karena itulah banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan maag kronis sampai penyakitnya sudah dalam tahap yang parah.

Memang maag kedengaran seperti penyakit yang sepele. Namun, maag dapat menyebabkan dampak yang membahayakan, bahkan berujung dengan kematian. Karena itu, kita perlu mengenal penyebab dan gejala maag kronis.

Penyebab Maag Kronis

cara mengobati maag kronis

Maag kronis dapat disebabkan berbagai faktor. Contoh penyebabnya adalah faktor-faktor sebagai berikut.

  • Infeksi bakteri H. pylori

Bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) merupakan sejenis bakteri yang banyak ditemukan dalam saluran pencernaan manusia. Namun terkadang bakteri H. pylori malah menyerang lapisan pelindung lambung.

Infeksi H. pylori merusak jaringan lambung serta mengakibatkan produksi asam lambung berlebih. Asam lambung yang berlebih dapat membuat peradangan semakin menjadi.

  • Kafein, alkohol, atau rokok

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau beralkohol secara berlebih dapat menyebabkan peradangan pada lambung. Hal ini menyebabkan produksi asam lambung bertambah. Zat-zat kimia yang terdapat dalam rokok juga memiliki efek yang sama.

  • Makanan pedas, asam, dan berlemak

Satu lagi penyebab maag kronis adalah makanan pedas, asam, atau berlemak. Apalagi jika mengandung ketiga unsur tersebut. Makanan seperti itu, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan peradangan lapisan pelindung lambung. Peradangan tersebutlah yang menyebabkan maag.

  • Stres

Stres tidak hanya berdampak kepada kesehatan mental dan emosional. Namun, stres juga memiliki dampak fisik. Salah satu dampaknya adalah produksi asam lambung berlebih. Jadi, stres yang tidak teratur dapat membuat Anda lebih rentan terhadap maag kronis.

  • Obat anti inflamasi non steroid dan kortikosteroid

Obat-obatan anti inflamasi non steroid dan kortikosteroid dapat menjadi penyebab maag akut. Obat-obatan tersebut dapat memicu peradangan dinding lambung. Karena itulah, jika Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut, Anda harus lebih waspada terhadap gangguan maag.

  • Penyebab-penyebab lain

Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan, maag kronis juga bisa dipicu oleh berbagai kondisi kesehatan yang sudah ada. Misalnya gagal ginjal atau kondisi kesehatan yang bersifat genetik dan langka. Misalnya, penyakit Crohn atau penyakit autoimun.

Waspadai Gejala Penyakit Maag Kronis Berikut

Orang sering tidak menyadari penyakit maag kronis sampai penyakitnya sudah parah. Karena itu, waspadai gejala-gejala maag kronis berikut ini.

  • Rasa nyeri di ulu hati

  • Nyeri perut atau kembung sesudah makan

  • Mual dan muntah

  • Hilang nafsu makan

  • Sering sendawa

  • Berat badan menurun drastis

  • Perut terasa panas seperti terbakar

3 Cara Mengobati Sakit Maag Kronis Secara Alami

Selain obat-obatan dari dokter, Anda juga bisa menggunakan obat maag kronis herbal. Berikut 3 jenis obat herbal yang dapat mengatasi maag kronis secara alami.

  • Jahe

Jahe sudah sejak lama menjadi obat herbal andalan untuk segala macam masalah kesehatan. Mulai dari mengurangi berat badan sampai menurunkan produksi asam lambung. Jahe juga memiliki efek gastroprotektif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori dan melindungi dinding lambung.

Untuk mengatasi maag, rebus potongan jahe bersama air secukupnya. Tambahkan madu atau perasan lemon untuk menambahkan rasa. Minumlah sekitar setengah jam sebelum makan untuk mengatasi asam lambung. Namun, jangan berlebihan mengkonsumsinya karena malah akan memperburuk maag Anda.

  • Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi maag. Tanaman herbal ini dapat mengurangi produksi asam lambung berlebih dan melindungi sistem pencernaan. Minumlah setengah cangkir jus lidah buaya sebelum makan untuk mengobati maag kronis.

  • Teh chamomile

Teh chamomile memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mengobati maag. Teh ini selain menenangkan tubuh juga mengatasi peradangan pada saluran pencernaan. Produksi asam lambung akan berkurang sehingga maag kronis dapat teratasi.

Jika Anda mengalami maag kronis, Anda bisa mencoba minum segelas teh chamomile sebelum tidur. Chamomile adalah cara mengobati sakit maag kronis yang ampuh.

Tinggalkan komentar