cara mengobati radang lambung

7 Cara Mengobati Radang Lambung Secara Alami

Apakah Anda mengetahui bahwa ada cara mengobati radang lambung secara alami? Penyakit yang berhubungan dengan lambung memang umum dijumpai dalam masyarakat. Radang lambung adalah salah satunya.

Namun, radang lambung dapat diobati. Tidak hanya dengan obat tetapi juga cara yang alami. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini.

Apa Itu Radang Lambung?

Radang lambung disebut juga sebagai tukak lambung. Dalam bahasa Inggris disebut juga peptic ulcer. Penyakit ini disebabkan karena asam lambung yang berlebih. Akibatnya, terjadi peradangan mukosa lambung.

Tukak lambung memiliki banyak efek. Mulai dari rasa sakit, bahkan muntah atau BAB yang disertai darah. Semua orang dapat menjadi korban penyakit ini, mulai dari anak-anak sampai pekerja.

Penyebab Radang Lambung

cara mengobati radang lambung

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan radang lambung. Beberapa contohnya adalah:

  • Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) dapat memproduksi racun yang merusak selaput pelindung jaringan lambung. Infeksi juga menyebabkan produksi asam lambung berlebih.

  • Alkohol, Kafein, Rokok

Konsumsi alkohol atau kafein secara berlebihan dapat meningkatkan produksi asam lambung. Begitu juga dengan merokok. Jadi, hindarilah minuman keras dan kopi, dan jangan merokok.

  • Makanan Pedas

Penyebab lain radang lambung adalah makanan pedas. Makanan pedas, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan peradangan mukosa lambung.

  • Stres

Stres tidak hanya berdampak kepada kesehatan emosional dan rohani, tetapi juga kesehatan jasmani. Stres berkepanjangan dapat menyebabkan banyak gangguan pada fisik. Termasuk produksi asam lambung berlebih.

Cara Mengobati Radang Lambung Secara Alami

Radang lambung dapat disembuhkan melalui pengobatan. Namun, ada cara alami untuk mengobati penyakit ini tanpa obat-obatan kimia. Berikut adalah beberapa zat alami yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi radang lambung.

  • Madu

Madu telah dipercaya memiliki segala macam khasiat sejak zaman nenek moyang. Madu juga dapat digunakan untuk mengobati radang lambung.

Madu memiliki efek antibakteri. Maka, konsumsi madu dapat membunuh bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan radang lambung.

Selain itu, beberapa jenis madu memiliki kandungan polifenol dan antioksidan. Zat-zat ini juga dapat melindungi lambung dari penyakit.

  • Sayur dan Buah

Sayur dan buah selalu menjadi andalan untuk orang-orang yang ingin hidup sehat. Hal ini bukan tanpa alasan. Sayur dan buah mengandung polifenol dan berbagai macam vitamin. Zat-zat tersebut dapat mengobati radang lambung secara alami, serta menjaga kesehatan lambung.

Selain itu, beberapa buah dan sayur mengandung flavonoid. Zat alami ini mempunyai efek gastroprotektif yaitu melindungi dinding lambung. Artinya, flavonoid dapat mencegah dan mengobati radang lambung serta produksi asam lambung berlebih.

Polifenol dapat ditemukan di buah beri seperti strawberry dan blueberry, serta berbagai jenis sayur. Sedangkan flavonoid terkandung dalam apel, brokoli, anggur, dan banyak sayur dan buah lainnya.

  • Cranberry

Keluarga buah beri memang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengobati radang lambung. Salah satu beri yang paling efektif untuk mengobati radang lambung adalah cranberry. Sebab, cranberry dapat mematikan bakteri H. pylori, sehingga bisa mengobati radang lambung.

Untuk mengobati radang lambung, disarankan mengonsumsinya langsung atau dalam bentuk suplemen. Hindari produk olahan karena biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi.

  • Biji-bijian

Dokter merekomendasikan whole grain atau biji-bijian utuh untuk berbagai masalah kesehatan. Biji-bijian utuh memang memiliki banyak khasiat. Serat dan vitamin yang terkandung dalam biji-bijian utuh dapat mencegah dan mengobati radang lambung.

  • Bawang Putih

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki khasiat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri H. pylori. Karena itulah bawang putih atau suplemen ekstrak bawang putih dapat mengobati radang lambung secara alami.

Akan tetapi, bawang putih memiliki efek mengencerkan darah. Jadi, periksalah dulu kepada dokter untuk mengetahui apakah suplemen bawang putih aman untuk Anda konsumsi. Sebab penggunaannya tidak boleh bersamaan dengan obat pengencer darah seperti aspirin.

  • Probiotik

Probiotik adalah bakteri, jamur, atau mikroorganisme baik yang dapat menyehatkan saluran pencernaan. Probiotik juga memiliki khasiat mengobati radang lambung. Anda dapat menemukan probiotik dalam berbagai makanan fermentasi. Contohnya yoghurt, susu fermentasi, miso dari Jepang, atau kimchi Korea.

  • Suplemen deglycyrrhizinated licorice (DGL)

Suplemen DGL adalah ekstrak akar manis yang tidak mengandung glycyrrhizin, sebuah zat pemanis alami. Walaupun namanya terdengar seperti obat-obatan, nun DGL adalah senyawa bersifat alami.

DGL dapat menghambat perkembangan H. pylori sehingga bisa mengobati radang lambung. Suplemen DGL dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Anda cukup mengkonsumsi suplemen ini secara teratur sesuai aturan pakai untuk mengatasi radang lambung.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara mengatasi radang lambung secara alami dan mudah. Selain menerapkan cara-cara di atas, jangan lupa menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan radang lambung. Semoga cara mengobati radang lambung bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar