Cara Melancarkan Haid Mudah dan Efektif

Berbicara mengenai cara melancarkan haid, haid yang tidak teratur bukan berarti selalu ada masalah dalam kesehatan sistem reproduksi kamu. Hal ini dikarenakan bagi kamu yang baru memasuki masa menstruasi pertama, maka haid yang tidak teratur bukankah suatu masalah yang mengkhawatirkan. Sebab pada masa awal-awal mulai menstruasi hormon dalam tubuh masih belum stabil. Sehingga wajar bila siklus haid tidak teratur. Selain itu, haid yang tidak teratur pun bisa diakibatkan oleh faktor-faktor internal yang belum tentu berbahaya bagi kesehatan sistem reproduksimu.

Normalnya seorang wanita memiliki siklus haid antara 21 hingga 31 hari. Hal ini dikarenakan siklus haid setiap orang berbeda-beda. Sehingga jangka siklusnya pun berbeda-beda. Namun ketika haid datang sebelum 21 hari atau lebih dari 31 hari, maka haid inilah yang dikatakan sebagai haid tidak teratur atau tidak lancar. Meskipun beberapa faktor menyebabkan haid tidak teratur cenderung normal, namun haid yang tidak teratur juga menjadi hal yang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih bila ketidakteraturan haid ini terjadi secara terus-menerus. Sehingga mau tak mau kamu harus mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya, ada banyak cara mudah yang efektif dan efisien dalam mengatasi masalah ini. Mulai dari cara herbal atau alami dan sampai cara medis, seperti halnya menggunakan obat-obatan dari dokter. Tak hanya itu, cara melancarkan haid pun ada yang sederhana. Namun tak sedikit pula cara yang merepotkan. Beberapa cara sederhana tersebut, meliputi :

Melakukan Meditasi

Stres adalah salah satu penyebab dari haid tidak lancar. Oleh karenanya, kamu perlu mengatasi stres agar haid bisa kembali ke dalam siklus normal. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan meditasi. Tak hanya itu, meditasi juga berfungsi untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Sehingga meditasi menjadi salah satu cara melancarkan haid yang paling mudah.

Ada beberapa cara mudah agar kamu bisa melakukan meditasi. Langkah pertama adalah dengan mencari tempat yang tenang. Kamu bisa memilih tempat baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Asalkan lingkungan tempat tersebut, nyaman dan tenang. Kemudian ambil posisi tubuh tegak, namun tetap rileks. Langkah selanjutnya ambil nafas dari hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut, tenangkanlah pikiranmu dan fokus pada suara nafas serta suara-suara yang ada di sekitarmu. Renungilah dan syukurilah kehidupanmu melalui meditasi tersebut.

Oh iya, waktu terbaik untuk melakukan meditasi sebaiknya di pagi ataupun malam hari. Tepatnya, setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Hal ini disebabkan meditasi mampu membuat tidur lebih nyenyak dan membangkitkan semangat pagi yang membara.

Menjaga Berat Badan Ideal

Bagimu kamu yang memiliki kelebihan berat badan maupun kurang berat badan alias terlalu gemuk maupun terlalu kurus, pasti kebanyakan mengalami masalah dalam jadwal haid. Hal ini bukanlah Sebuah rahasia lagi. Sebab memang berat badan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keteraturan jadwal haid.

Oleh karenanya bila kamu ingin menjalani siklus haid yang lancar, alangkah baiknya jika kamu berusaha untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun, bagaimana caranya? Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal kamu hanya perlu membiasakan makan makanan sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap. Selain itu kamu pun bisa memperbanyak makanan berupa buah dan sayur. Sebab buah dan sayur inilah yang akan memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh. Akan tetapi, bila kamu tetap kesulitan untuk memperoleh berat badan ideal maka konsultasikanlah masalahmu kepada dokter maupun ahli gizi.

Terapi Hormon

Salah satu cara melancarkan haid yang cukup efektif dan banyak diminati, khususnya untuk wanita yang sulit hamil adalah dengan melakukan terapi hormonal. Terapi hormonal adalah terapi dengan menggunakan bantuan obat yang mengandung hormon estrogen dan hormon progesteron dalam dosis tertentu. Meskipun memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, namun sayangnya penggunaan obat dalam terapi hormonal ini memiliki cukup banyak efek samping yang bervariasi. Mulai dari mual, nyeri pada payudara, berat badan yang semakin bertambah, sakit pada bagian kepala dan beberapa efek samping lainnya. Tentunya efek samping efek samping ini cukup mengganggu aktivitas kamu.

Minum Obat-obatan Herbal

Cara untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan herbal atau yang biasa kita sebut sebagai jamu. Meskipun belum banyak penelitian mengenai obat pelancar haid herbal sebagai cara melancarkan haid, namun tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang percaya akan keefektifan dari jamu ataupun obat-obatan herbal tersebut. Bahkan tak sedikit bahan-bahan yang dipercaya mampu mengatasi masalah haid baik masalah kelancaran haid maupun untuk mengatasi sakit yang terjadi akibat haid. Umumnya bahan-bahan herbal yang sering digunakan untuk mengatasi masalah haid ini, terdiri dari kunyit, jahe dan kayu manis.

Istirahat yang Cukup

Cara Melancarkan Haid
Cara Melancarkan Haid

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, salah satu penyebab haid tidak datang teratur adalah stres pikiran dan fisik. Untuk menanggulangi, mengatasi atau paling tidak mengurangi stres, baik secara fisik maupun pikiran dapat dilakukan dengan tidur yang cukup. Sebab berdasarkan penelitian ternyata tidur l dapat membuat tubuh lebih rileks. Terutama bila kamu tidur selama 7 sampai 8 jam per hari.

Tak hanya itu. Dengan tidur yang cukup, kamu juga akan terhindar dari letih dan lesu pada pagi hari. Sehingga kamu bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Namun, bagaimana sih cara kita agar bisa memaksimalkan usaha untuk tidur yang nyenyak? Sebenarnya cara untuk kamu agar bisa tidur nyenyak dan tidur dalam durasi 7 sampai 8 jam per hari cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan dan menerapkan beberapa langkah berikut ini.

  1. Sebisa mungkin hindari menggunakan alat elektronika seperti halnya HP, laptop maupun gadget lainnya. Selain itu jauhkan alat-alat elektronik tersebut dari jangkauanmu ketika tidur.
  2. Atur suhu kamar agar tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. pastikan agar kipas berada di posisi yang tidak terlalu dekat maupun tidak terlalu jauh darimu.
  3. Jangan memakan atau meminum  segala jenis makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Seperti halnya kopi sebab makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat membuat kamu susah tidur alias insomnia.
  4. Bila kamu suka mandi malam, alangkah baiknya bila kamu mandi menggunakan air hangat sebelum tidur Hal ini dikarenakan air hangat mampu menghilangkan rasa capek dan pegal-pegal di tubuh. Sehingga badan kamu akan menjadi lebih fresh dan dapat tidur dengan nyenyak.
  5. Tips yang selanjutnya adalah bila kamu bisa tidur dalam keadaan gelap maka matikanlah lampu kamar. Namun bila kamu tidak bisa tidur dalam kondisi gelap maka lebih baik redupkan lampu di kamar kamu supaya tidur menjadi lebih berkualitas.

Itulah beberapa tips sederhana agar kamu bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Sehingga stres dapat teratasi dan haid pun bisa menjadi teratur. Bagaimana? Istirahat cukup menjadi salah satu cara melancarkan haid paling mudah, bukan?

Tinggalkan komentar