Cara agar cepat menstruasi

Tidak Harus Mengonsumsi Obat, 13 Cara Agar Cepat Menstruasi Secara Alami dan Aman

Tidak sedikit kaum wanita yang mencari cara agar cepat menstruasi. Alasannya pun beragam. Salah satunya supaya haid tidak datang di saat acara penting, seperti ketika harus bepergian jauh.

Tapi faktanya, beberapa wanita yang mengalami keterlambatan haid pun sering kali dilanda cemas. Tidak mengherankan bila akhirnya beragam cara dilakukan untuk mempercepat datangnya haid. Termasuk dengan mengonsumsi obat pelancar haid.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mempercepat datangnya haid tidak hanya dilakukan dengan bantuan obat? Anda bisa mencoba cara alami dan aman untuk mempercepat siklus datang bulan Anda.

Mempercepat Siklus Menstruasi Secara Alami

Ada banyak faktor yang menyebabkan terganggunya siklus datang bulan. Cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya pun beragam. Tidak melulu dengan mengonsumsi obat, salah satu metode yang dapat Anda lakukan adalah menerapkan cara-cara alami berikut ini.

  1. Konsumsi makanan sehat

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi makanan dengan kandungan kafein, cokelat, gula, daging, dan susu cenderung mengakibatkan siklus datang bulan Anda lebih lama. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat menjadi cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat datangnya menstruasi.

  1. Cukup air putih

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya adalah menghindarkan diri dari dehidrasi dengan konsumsi cukup air putih. Anda dapat mengonsumsi air putih sebanyak 2,1 liter dalam sehari untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur. Hindari pula konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

  1. Penuhi kebutuhan Vitamin C

Vitamin C dipercaya mampu menurunkan progesteron dan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini yang mengakibatkan rahim mengalami kontraksi dan dinding rahim akan luruh, sehingga terjadi menstruasi.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan berry, brokoli, paprika merah dan hijau, tomat, jeruk, kubis dan bayam. Akan tetapi, Anda perlu lebih berhati-hati. Konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi dan berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

  1. Olahraga teratur

Bila keterlambatan menstruasi diakibatkan kegemukan atau sindrom polikistik ovarium, olahraga secara teratur menjadi solusi bijak yang dapat Anda lakukan. Selain menjaga berat badan agar tetap ideal, olahraga dapat mengurangi gejala dismenorea. Yakni, keadaan nyeri haid yang tak tertahankan.

  1. Rutin melakukan yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang dapat Anda pilih untuk mengatasi keterlambatan datang bulan. Berdasarkan penelitian, melakukan yoga secara rutin dalam lima hari seminggu selama 30-45 menit per hari yang dilakukan selama enam bulan dapat melancarkan menstruasi.

  1. Konsumsi kayu manis

Cara agar cepat menstruasi secara alami berikutnya adalah dengan kayu manis. Kayu manis dipercaya mampu mengatasi masalah siklus haid yang diakibatkan sindrom polikistik ovarium. Manfaat lain dari kayu manis adalah meringankan pendarahan dan nyeri ketika datang bulan.

  1. Mandi air hangat

Siapa sangka, mandi air hangat ternyata dapat membantu mempercepat datangnya menstruasi. Selain berfungsi mengendurkan otot yang tegang, dengan mandi air hangat dapat membantu menghilangkan stres emosional.

  1. Menjaga berat badan dan konsumsi makanan bergizi

Berat badan berlebih dan kekurangan berat badan dapat mempengaruhi siklus datang bulan Anda. Cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menjaga berat badan ideal dan mengonsumsi makanan bergizi.

  1. Makan pepaya

Untuk mempercepat datang bulan, Anda dapat mengonsumsi pepaya secara rutin. Kandungan karoten dalam pepaya diyakini mampu merangsang haid. Selain pepaya, Anda bisa memenuhi kebutuhan karoten tubuh dengan wortel atau labu.

  1. Konsumsi seledri

Seledri dipercaya dapat mempercepat menstruasi dengan merangsang aliran darah pada pelvis dan uterus. Kandungan apiol di dalam seledri dikenal mampu merangsang kontraksi pada uterus.

  1. Konsumsi kunyit

Kunyit disebut-sebut mampu menurunkan kadar progesteron dan mempengaruhi kadar esterogen. Oleh sebab itu, kunyit dipercaya mampu mempercepat datang bulan.

  1. Kurangi kesibukan

Mengurangi kesibukan adalah cara agar cepat menstruasi berikutnya. Kesibukan berlebih terkadang dianggap sepele. Namun nyatanya, memforsir diri terhadap pekerjaan dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda. Kondisi ini akan semakin buruk ketika Anda dilanda stres berlebih.

  1. Relaksasi

Yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat menstruasi berikutnya adalah relaksasi. Menghilangkan stres menjadi pilihan bijak untuk mengatasi permasalahan pada siklus datang bulan.

Tidak ada salahnya Anda menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman barang sejenak. Selain itu, olahraga secara teratur, melakukan hobi yang menyenangkan, dan meditasi dapat membantu Anda dalam mengurangi stres dan mempercepat datangnya menstruasi.

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Cara agar cepat menstruasi
Cara agar cepat menstruasi

Normalnya, siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari atau antara 21 hari hingga 35 hari. Namun, tidak semua wanita mempunyai siklus yang sama. Bahkan tidak sedikit yang mengalami ketidak teraturan dalam siklus datang bulan.

Keterlambatan menstruasi ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah:

  1. Stres

Stres dapat mempengaruhi siklus datang bulan Anda sehingga tidak teratur. Saat berada dalam kondisi stres, hormon dan bagian otak yang berperan mengatur siklus datang bulan akan terganggu.

  1. Berat badan turun

Penurunan berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi akan terhenti ketika berat badan seorang perempuan kurang 10 persen dari berat badan ideal. Dalam kasus ini, perempuan dengan gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia mempunyai kemungkinan dalam keterlambatan siklus datang bulan.

  1. Obesitas

Perubahan hormon pada wanita dapat dipicu karena bertambahnya berat badan. Seorang wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas mempunyai risiko tinggi dalam keterlambatan siklus datang bulan.

  1. Faktor biologis

Selain stres, berat badan menurun, dan obesitas, siklus haid yang tidak teratur bisa dikarenakan faktor keturunan.

  1. Penyakit kronis

Seorang wanita yang mengalami penyakit seperti diabetes dan celiac berpotensi mengalami gangguan siklus menstruasi. Bagi penderita diabetes, gula darah yang tidak terkontrol dapat memengaruhi perubahan hormon.

Sementara itu, penyakit celiac dapat menimbulkan peradangan yang berakibat kerusakan pada usus kecil. Dengan begitu, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi penting sehingga berdampak pada terganggunya siklus menstruasi.

  1. Sindrom ovarium polikistik

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa jadi diakibatkan oleh sindrom ovarium polikistik. Yakni kelainan hormon pada sistem metabolisme yang mengakibatkan terganggunya fungsi indung telur.

  1. Merokok

Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok dapat mempengaruhi hormon yang berperan dalam siklus menstruasi. Oleh karena itu, merokok dapat mengakibatkan gangguan siklus datang bulan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan siklus menstruasi seorang wanita terganggu. Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap kondisi tubuh, ketika Anda mengalami ketidak teraturan siklus menstruasi, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Selain itu, cobalah untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan siklus datang bulan Anda tidak teratur.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan obat untuk mengatasi permasalahan menstruasi, 13 cara di atas dapat Anda coba. Selain alami, cara agar cepat menstruasi ini juga aman untuk diterapkan.

Tinggalkan komentar