penyebab telat menstruasi

10 Penyebab Telat Menstruasi Ini Wajib Diwaspadai

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab telat menstruasi, mulai dari tanda adanya penyakit dalam tubuh hingga stres yang menyebabkan kondisi tubuh tidak fit. Jadi hamil bukan melulu satu-satunya penyebab kenapa menstruasi telat datang pada wanita. Jadi ketika menstruasi telat, jangan senang atau khawatir dahulu, karena banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.

Pengetahuan semacam ini memang mutlak dimiliki oleh semua orang, bukan hanya wanita saja. Jadi ketika Anda telat menstruasi, Anda akan langsung bisa tahu apa penyebabnya lalu mencari solusi bagaimana mengatasinya. Nah, di bawah ini akan kami ulas sejelas mungkin apa saja penyebab telat haid yang harus Anda waspadai.

Penyebab Telat Menstruasi Ini Wajib Diwaspadai

penyebab telat menstruasi
hellosehat.com

Kontrasepsi

Kontrasepsi merupakan salah satu penyebab telatnya menstruasi dan membuat jadwal kedatangannya tidak teratur. Kontrasepsi adalah alat pencegah hamil yang digunakan oleh seorang wanita untuk menghindari terjadinya pembuahan. Alat kontrasepsi yang bisa menyebabkan haid telat dan tidak lancar adalah pil KB, implan dan suntik.

Kenapa kontrasepsi untuk wanita bisa menyebabkan menstruasi telat? Hal ini karena alat menstruasi tersebut mengandung hormon esterogen dan progestin yang memang bisa mencegah indung telur melepaskan sel telurnya. Akibatnya sedikit mengganggu kelancaran menstruasi. Butuh waktu hingga 6 bulan hingga siklus menstruasi wanita lancar seperti semula.

Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab telat menstruasi yang biasa terjadi berikutnya adalah Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Sindrom Ovarium Polikistik adalah kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan pada hormon kehamilan seorang wanita. Kondisi ini adalah ketika wanita memiliki folikel tambahan sehingga sel telur dilepas lebih lama dibandingkan dengan biasanya.

Imbasnya ya itu tadi, menstruasi bisa telat bahkan lebih buruknya wanita tidak mengalami menstruasi sama sekali. Berdasarkan penelitian terbaru, Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) ini disebabkan oleh resistensi insulin dan sindrom metabolik, oleh karena itu jangan lupa untuk memeriksa kesehatan secara rutin untuk mencegah hal ini terjadi.

Stres

Peyebab kenapa menstruasi bisa telat selanjutnya adalah stres. Stres memang bisa terjadi kepada siapa saja tidak peduli umur dan jenis kelamaan. Stres atau tekanan pada pikiran secara berlebihan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pekerjaan, asmara, hingga masalah sosial lainnya. Jika dibiarkan saja, stres bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis semisal diabetes dan jantung.

Bukan itu saja, stres ternyata juga bisa menyebabkan menstruasi telat datang pada wanita. Stres berperan mengganggu hipotalamus yang mana bisa menyebabkan efek trickle down yang menyebakan menstruasi telat. Untuk itu, hindari stres dengan selalu berpikir positif dan mengambil jeda untuk refresing agar semua tekanan yang mengganggu lenyap.

Naik Turunnya Berat Badan dengan Drastis

Berat badan yang turun secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab telat menstruasi pada wanita. Bukan itu saja, berat badan yang naik secara drastis dan berlebihan juga berperan dalam mengganggu kelancaran pada siklus haid wanita. Berat badan yang naik dan turun secara tiba-tiba dan drastis memang bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh sehingga haid bisa telat.

Jadi Anda harus hati-hati soal ini, lebih-lebih jika Anda sedang program diet atau program penggemukan badan. Khususnya jika Anda sedang program diet, karena jika berat badan kurang 10% dari ukuran ideal, maka fungsi tubuh akan terganggu sehingga menstruasi bisa terlambat. Makanya, atlet wanita yang benar-benar ramping sering mengalami telat menstruasi bahkan tidak menstruasi sama sekali.

Menopouse Dini

Penyebab telat menstruasi berikutnya adalah menopouse dini. Menopouse adalah berakhirnya siklus menstruasi pada wanita secara alami, biasanya ketika seorang wanita berumur sekitar 50 tahun. Sedangkan menopouse dini adalah berakhirnya siklus menstruasi wanita secara alami, namun datangnya masih terlalu awal. Hal ini merupakan fenomena yang cukup sering terjadi.

Nah, tanda-tanda datangnya menopouse adalah seringnya menstruasi yang telat. Namun jika Anda masih di usia 40-an dan siklus menstruasi sering bermasalah, maka Anda sedang mengalami menstruasi dini. Penyebabnya bisa banyak hal, mulai dari pengobatan kanker dan pengangkatan rahim. Untuk menyembuhkannya bisa dengan cara alami atau terapi kombinasi esterogen dan progestron.

Tumor Hipofisis

Tumor Hipofisis termasuk salah satu penyebab telatnya menstruasi, meskipun kasus ini jarang terjadi. Dalam Tumor Hipofisis ada yang namanya prolaktinoma yang mana bisa menyebabkan keluarnya prolaktin secara berlebihan. Jika Anda belum tahu, prolaktin adalah hormon yang menandakan produksi ASI, yang mana sangat mempengaruhi kelancaran menstruasi.

Sedang Menyusui

Wanita yang sedang menyusui juga bisa menjadi penyebab telat menstruasi karena pada saat menyusui, wanita bisa tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan. Hal ini karena hormon prolaktin yang menyebabkan produksi ASI bisa menekan ovulasi sehingga menstrusi tidak terjadi.

Makanya seorang suami harus hati-hati ketika sang istri masih menyusui. Meski menstruasi tidak lancar, pembuahan masih mungkin terjadi. Tentu Anda tidak ingin hamil padahal masih menyusui bukan? Jadi ketika sedang menyusui jangan merasa panik meskipun menstruasi belum senormal biasanya.

Diabetes

Beberapa penyakit kronis semisal diabetes juga bisa menjadi penyebab telat menstruasi. Wanita yang menderita diabetes maka kadar gula dalam darahnya tidak stabil dan sering mengalami perubahan hormon. Maka tidak heran apabila siklus menstruasinya tidak lancar dan sering telat.

Untuk itu, bagi wanita yang menderita diabetes sebaiknya mulai mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang rendah. Sering-seringlah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami secara tidak berlebihan sehingga kadar gula dalam darah bisa dikondisikan. Jika sudah, bukan tidak mungkin siklus menstruasi akan selancar biasanya.

Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Gangguan pada kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab telat menstruasi. Kelenjar tiroid yang terganggu memang bisa menjadi penyebab siklus haid tidak lancar karena kelenjar inilah yang berfungsi mengatur metabolisme. Jadi jika kelenjar tiroid bermasalah, sistem metabolisme tubuh juga bermasalah, yang berimbas pada kinerja ovulasi sehingga menstruasi telat.

Untuk itu selalu jaga kesehatan dengan olahraga dan mengatur pola makan yang sehat dan alami. Hindari makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga tidak ada yang mengganggu kinerja kelenjar tiroid. Anda bisa tahu kelenjar tiroid pada tubuh Anda bermasalah ketika tubuh sering merasa lelah dan sensitif terhadap perubahan suhu lingkungan.

Aktivitas yang Berat

Wanita yang beraktivitas terlalu berat setiap harinya juga rawan mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Aktivitas yang terlalu berat memang bisa menyebabkan kelelahan yang mana akan menghambat siklus menstruasi. Begitu juga dengan olahraga atau aktivitas memeras keringat secara berlebihan yang mana bisa menghambat ovulasi sehingga menstruasi sering telat dan tidak lancar.

Demikianlah ulasan tentang hal-hal yang bisa menjadi penyebab telat menstruasi yang wajib Anda tahu dan waspadai. Di antara penyebab di atas, ada penyakit kronis yang bisa menjadi alarm bagi Anda untuk segera melakukan penanganan. Intinya selalu jaga kesehatan dan lakukan pola hidup sehat sehingga tidak ada istilah menstruasi telat.

Tinggalkan komentar